Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Mengenal Sejarah dan Budaya dengan Jelajah Situs Pawitra

 

Penakhatulistiwa.com – Sebagai generasi penerus bangsa yang sangat mencintai Indonesia dan memahami akan kedigdayaan masa lalu, melalui Komunitas Jelajah Situs Pawitra mengajak masyarakat untuk lebih mengenal sejarah peradaban peninggalan para leluhur Bangsa Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2018 di Gunung Gajah Mungkur Penanggungan, Mojokerto Jawa Timur.

Related Posts
1 of 517

Kegiatan yang mendorong Komunitas Jelajah Situs Pawitra, antara lain mengajak masyarakat agar mengetahui sejarah melalui situs-situs kuno masa lalu yang ditinggalkan pendahulu.

“Kegiatan ini diselenggarakan antara lain dengan tujuan memberikan edukasi untuk masyarakat yang peduli akan sejarah bangsa ini (Indonesia)” kata panitia penyelenggara Komunitas Jelajah Situs Pawitra, Yogi pada Penakhatulistiwa.com, Kamis (27/9).

Bahkan Yogi juga mengungkapkan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Jelajah Situs Pawitra tidak kali pertama dilaksanakan. “Kegiatan ini adalah yang ke 11. Sebelumnya Komunitas Jelajah Situs Pawitra sudah sering melakukan kegiatan-kegiatan tersebut di tempat yang lain. Dengan tujuan yang sama, agar memberikan edukasi bahwa bangsa ini dari dulu sudah mempunyai kejayaan yang luar biasa. Sesuai dengan bukti peninggalan para leluhur masa lalu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yogi menegaskan, bahwa Komunitas Jelajah Situs Pawitra mengajak masyarakat dan para penerus bangsa agar lebih menghormati para leluhur untuk memahami peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya bangsa.

“Kita nanti berkumpul, menjelajah, dan belajar bersama-sama untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat melalui sejarah dan budaya bangsa melalui kegiatan ini,” tandas Yogi.

Untuk diketahui, kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Jelajah Situs Pawitra ke 11 bebas di ikuti semua kalangan masyarakat. Khususnya para pecinta sejarah dan budaya yang peduli akan peninggalan peradaban bangsa Indonesia agar lebih mengerti dan memahami nilai-nilai kajayaan masa lalu.

Sesuai rute yang telah ditentukan oleh panitia Komunitas Jelajah Situs Pawitra, setelah melakukan pendaftaran pada panitia, para peserta bisa berkumpul di titik awal pertemuan di pertigaan Ngoro Industrial Park (NIP). Adapun jalur penjelajahan Situs melalui via Kunjorowesi Ngoro seperti Candi Kerajaan, Candi Darmawangsa, Candi Gajah Mungkur, Candi Wayang, Candi Kama 4, Candi Griya, Watu Jolang dan Situs Mbah Lipah. (21k)

READ  Operasi Yustisi gabungan TNI - Polri dan Satpol PP Polres Cirebon Kota sisir Cafe Kopi Pekalipan dan Kluster Cafe Markas serta warung BAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.