Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Kementerian Desa PDTT Bangun Tandon Air di Aceh Besar

 

Penakhatulistiwa.com, ACEH BESAR – Kunjungan lapangan peserta pelatihan pemantapan Operasional RKM Pamsimas di Gampong Lamreh Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

Related Posts
1 of 511

Perlu diketahui, pelatihan pemantapan operasional RKM Pamsimas tersebut, berlangsung selama lima hari. Dan pelatihan resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas PMD Provinsi Aceh, Teuku Rusdi di Kyriad Hotel Banda Aceh.

Ketua panitia acara, Darti dalam sambutannya menerangkan bahwa, kunjungan lapangan dimaksudkan untuk melakukan FGD dalam rangka menggali gagasan dari warga Gampong Lamreh.

“Hasil-hasi dari FGD ini, akan dijadikan inspirasi bagi peserta yang hadir dan bisa diterapkan di daerahnya, tentunya dengan penyesuaian di daerah masing-masing,” tegas pejabat Kementerian Desa PDTT tersebut, Sabtu (06/10).

Kepala Kecamatan Darussalam, Zia Ul Azmi, juga menyampaikan, terimakasih kepada Kementerian Desa PDTT yang telah mengunjungi Gampong (Desa) Lamreh Aceh.

“Dengan demikian, warga Gampong Lamreh Aceh dapat melihat secara nyata kegiatan Pamsimas itu seperti apa dan manfaatnya bagaimana,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Gampong Lamreh, Helmi mengatakan, sangat menarik dan efektif, program Pamsimas mampu mengelola air secara maksimal untuk penggunaan air yang merata.

“Pengalaman saya dahulu, mengelola KP SPAM cukup lumayan memberikan sumbangsih kontribusi nyata dalam penyediaan air di Gampong Lamreh Aceh ini,” ucap Keuchik dalam bahasa Aceh Kepala Desa tersebut.

Sembari kunjungan lapangan dilaksanakan, Ilham yang selaku Sekretaris Desa mengucapkan, terima kasih kepada Kementerian Desa PDTT yang telah membangun tandon air untuk warga.

“Sebagai bentuk tanggung jawab kepada warga, kami pemerintah desa akan menerapkan pembayaran iuran kepada pengelola,” tuturnya saat presentasi sambil berjalan kepada peserta pelatihan. (Ari)

READ  Majalengka Menjadi Sasaran Utama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 063 Dalam Pemberian Baksos

Leave A Reply

Your email address will not be published.