Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Tangkal Berita Hoax dan Konten Negatif, MPW Pemuda Pancasila Jatim Bentuk Tim Cyber

Penakhatulistiwa.com, Surabaya – Melihat semakin maraknya pemberitaan hoax maupun konten negatif yang menyudutkan pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin belakangan ini, membuat Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Jawa Timur mengambil langkah tegas, dengan berkomitmen akan mengawal dan melaporkan segala bentuk konten negatif di media sosial yang berusaha mendiskreditkan sang petahana.

Dalam keterangan rilisnya di Kantor MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti melalui Sekretaris MPW Pemuda Pancasila, M. Diah Agus Muslim mengatakan, bahwa semakin banyaknya pelanggaran kampanye pemilu 2019 dengan cara penyebaran konten negatif yang mendiskreditkan Capres – Cawapres nomor urut 01.

Related Posts
1 of 522

Untuk itu, Lanjut Agus, MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur menganggap diperlukan adanya pengawasan dan tindakan hukum atas berita hoax tersebut, dengan cara melaporkan kepada Bawaslu.

“Kita secara otomatis akan membentuk tim cyber, disemua platform media sosial seperti whatsapp group, Facebook, Line, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya,” katanya di depan awak media, Kamis (27/12).

 

Setelah menemukan hal yang negatif, Agus mengungkapkan, terlebih dahulu harus dicermati, verifikasi dan dikomunikasikan dengan MPW dan LPPH semua laporan-laporan terkait adanya berita hoax.

“Apabila benar hoax dan mendeskreditkan maka untuk selanjutnya akan kita laporkan ke Bawaslu,” terang Agus.

Lebih lanjut, Agus menghimbau kepada semua pihak yang terlibat pada pemilu mendatang, supaya menjaga martabat proses berjalannya pesta demokrasi agar masyarakat bisa cerdas dalam menentukan pilihannya.

“Kami menghimbau agar para pihak yang berkontestasi pesta demokrasi bisa menjaga martabat proses jalannya pemilu mendatang. Sehingga masyarakat semakin cerdas bisa menentukan pilihannya secara rasional, sesuai fakta-fakta yang ada. Bukan dari berita hoax, fitnah,” tuturnya.

Selain itu, Agus juga menambahkan bahwa sikap tegas dari MPW Jatim dikarenakan adanya video editan yang di unggah pada media Youtube dan di sebarkan melalui pesan singkat whatsapp. Terkait adanya cawapres Ma’aruf Amin yang mengucapkan selamat hari natal, namun di edit dengan menggunakan atribut Sinterklass dengan orang yang tidak bertanggung jawab.

“Itu salah satu bukti yang akan kita laporkan. Hoax itu,” tegasnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait arah dukungan MPW Pemuda Pancasila Jatim terhadap capres-cawapres siapa pada pemilu mendatang, dengan tegas Agus mengatakan bahwa MPW Pemuda Pancasila Jatim sudah mendeklarasikan dukungan kepada capres dan cawapres kepada pasangan nomer urut 01, Jokowi-Ma’aruf Amin.

“Dari awal kita sudah tentukan akan mendukung Jokowi pada pemilu 2019 mendatang,” tandasnya. (Red)

Berikut cuplikannya

READ  Sidang Sengketa Tanah Desa Dungus Gresik Berlanjut Pemeriksaan Setempat

Leave A Reply

Your email address will not be published.