Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

SSC: Jokowi Puncaki Survey Popularitas dan Akseptabilitas Dibanding Prabowo

 

Penakhatulistiwa.com, Surabaya – Capres dengan nomor urut 01 Joko Widodo memuncaki hasil survey yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) terkait popularitas dan akseptabilitas dari masing-masing Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.

Related Posts
1 of 522

Presiden ke-7 RI itu meraih 97.7 persen popularitas dan 89.2 persen untuk akseptabilitas dari 100 persen responden.

“Cawapres dengan nomor urut 01 KH Maruf Amin mendapatkan 72.2 persen popularitas dan 60.8 persen untuk akseptabilitas,” ujar peneliti SSC, Surokim Abdussalam, di salah satu Hotel di Surabaya, Rabu (9/1/2019).

Untuk Capres dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto, Surokim memaparkan jika dari riset yang dilakukan menunjukkan bahwa Ketum Gerindra itu mengantongi 94.5 persen popularitas dan 75.5 persen untuk akseptabilitas.

“Lalu untuk Cawapresnya, Sandiaga Uno, meraih 71.6 persen popularitas dan 62.6 persen untuk akseptabilitas,” jelasnya lebih lanjut.

Perolehan yang didapatkan, menurut Rokim menunjukkan jika pada indikator popularitas dan akseptabilitas masing-masing calon menunjukkan perbedaan yang tidak begitu signifikan.

Kalau Jokowi, saya kira wajar memuncaki hasil riset karena Beliau Presiden petahana. Justru yang menjadi menarik adalah terkait Maruf Amin, meskipun di Jawa Timur yang mayoritas santri namun tingkat akseptabilitasnya justru kalah dengan sosok Sandiaga Uno.

“Selisih keduanya juga tidak banyak. Hanya terpaut 1.8 persen, masih masuk di dalam margin of error,” pungkas Rokim.

Sebagai informasi, hasil survey yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survey yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (21k)

READ  Menjalin Silaturahmi, Alumni Pesantren IMMIM Adakan Reuni Kolektif 9602

Leave A Reply

Your email address will not be published.