Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Di Jawa Timur, Pemilih Liar di Pilpres 2019 Masih Sangat Tinggi

 

Penakhatulistiwa.com, Surabaya – Jumlah pemilih liar pada Pilpres 2019 ini diprediksi masih memiliki tingkatan yang sangat tinggi. Hal itu dibuktikan melalui hasil riset yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) pada Hari Rabu (9/1/2019) lalu di salah satu Hotel Surabaya. Penelitian ini menunjukkan jika jumlah pemilih liar masih mencapai angka 34.6 persen.

Related Posts
1 of 482

Direktur Riset SSC, Edy Marzuki memaparkan jika jumlah yang didapat itu berdasarkan hasil survey undecided voters dan swing voters yang dilakukan. Dari hasil survey elektabilitas tertutup dua paslon yang dilakukan menunjukkan bahwa undecided voters yang ada masih di angka 12 persen.

“Sementara, dari mereka yang sudah menentukan pilihan, sebanyak 22.6 persen mengaku masih sangat mungkin untuk merubah pilihan mereka,” jelasnya.

“Dari data itu, maka disimpulkan jika jumlah pemilih liar yang muncul adalah 34.6 persen. Masih sangat tinggi,” tambah Eddy.

Dari masing-masing pemilih Paslon pada survey ini, Edy menjelaskan jika jumlah swing voters yang ada masih cukup berimbang. “Di pihak pemilih Jokowi-Maruf Amin sebanyak 21.8 persen. Sementara untuk Prabowo-Sandiaga Uno 23.2 persen,” paparnya.

Kondisi ini, menurut Edy, menjadikan kedua belah Paslon masih punya peluang yang sama. Semuanya sangat mungkin untuk bisa memenangkan Provinsi Jawa Timur di Pilpres 2019. Pihak Jokowi-Maruf Amin tidak boleh jumawa dengan hasil survey kami ini.

“Dengan jumlah swing voters yang ada, Prabowo-Sandiaga Uno masih memiliki peluang yang cukup untuk melakukan upaya penelikungan di menit terakhir meskipun di atas kertas saat ini Jokowi bisa dibilang unggul,” pungkasnya. (21k)

READ  KOMUNITAS FRONT KOLOSAL SOERABAJA MENGENALKAN BUDAYA DAN SEJARAH MELALUI DRAMA

Leave A Reply

Your email address will not be published.