Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

TNI Uji Coba Jaringan Optik Bawah Laut Palapa Ring Paket Tengah

 

Penakhatulistiwa.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia melakukan uji coba jaringan optik bawah laut Palapa Ring Paket Tengah di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, lewat video conference di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian Operasi di Markas Besar TNI. Tersebut disampaikan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/1/2019).

Related Posts
1 of 513

Menurut Irjen TNI, dengan menggunakan jaringan optik bawah laut Palapa Ring Paket Tengah, akan sangat membantu TNI terhadap kelancaran komunikasi yang diperlukan, khususnya dalam pelaksanaan tugas satuan-satuan jajaran TNI di daerah-daerah terpencil.

“Kita bisa memberikan informasi kepada Babinsa (Bintara Pembina Desa) tentang penyampaian komando pengendalian, laporan dan kegiatan administrasi lainnya,” ujarnya.

Selain itu, melalui video conference, Herindra menyapa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, yang ketiganya berada di lokasi yang berbeda.

Sri Mulyani diketahui sedang berada di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Nila Moeloek berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat, dan Djoko Sasono ada di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, Palapa Ring Paket Tengah sudah selesai dibangun pada akhir tahun lalu. Ini menyusul Palapa Ring Paket Barat yang sudah selesai beberapa waktu lalu.

Paket Tengah tersebut melintasi 17 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Titik yang dilewati merupakan jalur bebas gempa, dengan panjang jaringan kabel serat optik 2.995 kilometer. (Red)

READ  ULP Gresik Dibuka, Calon Jamaah Haji Lebih Mudah Urus Paspor

Leave A Reply

Your email address will not be published.