Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Para Caleg Parpol Bersatu Deklarasi Pemilu Damai

Penakhatulistiwa.com – Para tokoh dan calon legislatif (caleg) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menyatakan siap mendukung Pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan tenteram di Kabupaten Majalengka.

Oleh karena itu, pernyataan sikap mereka ungkapkan usai membubuhi tanda tangan di papan deklarasi pemilu damai pada acara Deklarasi Pemilu Tahun 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk.

Related Posts
1 of 522

Selain itu juga, pelaksanaan silaturahmi antara Kapolres Majalenga beserta unsur Forkopimda Kabupten Majalengka bersama Calon Legislatif se-Kabupaten Majalengka, di Gedung Graha Sindang Kasih Kabupaten Majalengka, Jum’at (15/03/2019).

Sementara itu, Bupati Majalengka Drs. Karna Sobahi M.M.Pd memberikan apresiasi kepada Polres Majalengka yang bersedia memfasilitasi kegiatan dengan tujuan agar pelaksanaan Pilpres maupun Pileg 2019 bisa berjalan dengan aman, tenteram dan berintegritas. “Itu yang kita harapkan, karena dengan keamanan dan tenteram itulah masyarakat bisa melakukan pencoblosan dengan tenang, begitu pula dengan pihak penyelenggara bisa bekerja dengan tenang,” katanya.

Ditempat yang sama, Kapolres Majalengka AKBP Mariyono S.I.K., M.Si mengatakan, dukungan TNI-Polri sangat besar untuk menjaga keamanan dan kedamaian saat Pilpres dan Pileg 2019.

“Dengan adanya dukungan TNI-Polri ini akan mampu menciptakan situasi yang aman dan tertib di Kabupaten Majalengka,” pungkasnya.

Disamping itu, pihaknya sering melakukan kegiatan yang sifatnya preemtif dan prepentif secara personal ataupun “door to door” serta melakukan penggalangan di masyarakat.

“Kegiatan seperti hari ini juga merupakan suatu upaya yang kita ciptakan untuk menyamakan persepsi, bahwa seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan kegiatan pemilu yang aman, tertib dan kondusif,” ujarnya.

Menurutnya, mengenai maraknya isu-isu hoaks ataupun ujaran kebencian di medsos, pihaknya bersama TNI akan selalu memantau, bilamana didapati, pihaknya tak segan-segan melakukan penindakan sesuai dengan UU ITE.

“Tindakan yang diberikan merupakan suatu pembelajaran ke masyarakat, bahwa kami tegas dalam hal-hal yang sifatnya hoaks atau ujaran kebencian,” tegas AKBP Mariyono.

Ia pun mengapresiasi bahwa masyarakat Majalengka sangat toleran, dan itu merupakan suatu keuntungan bagi pihak keamanan sehingga situasi Kota Majalengka bisa selalu dalam keadaan kondusif. “Dengan bantuan dari seluruh elemen masyarakat, kami yakin sampai dengan selesai tahapan Pemilu kelak akan berjalan dengan aman dan tertib,” pungkasnya.

Berikut diantaranya, empat poin Deklarasi Pemilu 2019 yang ditandatangani para tokoh dan caleg berisikan, pertama, bersepakat menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai jujur, demokrasi dan berintegritas di Kabupaten Majalengka.

Dalam poin kedua, menolak dan mendukung penegakan hukum terhadap segala bentuk penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi serta menolak isu-isu yang memecah belah kebhinekaan dalan Pemilu 2019 di Kabupaten Majalengka.

Sedangkan poin ketiga, menolak segala bentuk kegiatan money politics, politik identitas dan negatif campaign.

Dan poin keempat, menolak segala bentuk paham radikalisme, terorisme dan usaha-usaha yang mengganggu ideologi Pancasila dengan ideologi lain. Mu

READ  Pakde Karwo Paparkan Inovasi Financial Engineering Jatim Pada Mahasiswa UGM

Leave A Reply

Your email address will not be published.