Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Nurdin Longgari, Caleg Penyambung Aspirasi Wartawan dan Seniman

Penakhatulistiwa.com – Pemilihan Legislatif (Pileg) tinggal hitungan beberapa hari kedepan. Seluruh Calon Legislatif (Caleg) yang menjadi peserta dalam kontestasi lima tahun sekali itu mulai mempersiapkan dan menggerakan tim suksesnya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Hampir semua caleg mengusung visi dan misi ingin mensejahterakan masyarakat, dengan menawarkan program-program yang ‘katanya’ akan direalisasikan jika caleg tersebut terpilih sebagai anggota legislatif.

Related Posts
1 of 554

Namun, berbeda dengan visi caleg Partai Bulan Bintang nomor urut 5 Dapil I Surabaya, Nurdin Longgari. Daeng Nurdin sapaan akrabnya malah memiliki visi yang berbeda dengan caleg lainnya.

Pria yang dulunya aktif di dunia jurnalistik dan seni ini mempunyai visi ingin membawa aspirasi insan pers dan juga para seniman yang ada di kota Surabaya.

Masih banyaknya aksi kriminalisasi dan diskriminasi terhadap para insan pers membuat Nurdin terenyuh.

Seperti yang baru-baru ini terjadi di Kota Pasuruan tentang perampasan kamera dan handphone wartawan ketika meliput situasi di rutan Polres Pasuruan Kota setelah adanya insiden kaburnya empat tahanan.

Menurut Nurdin, hal itu seharusnya tidak boleh terjadi, karena wartawan memilik kode etik dalam mekaksanakan tugas kejurnalistikan.

Mereka juga memiliki hak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik, maupun dalam bentuk lainnya, sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

“Insiden kriminalisasi wartawan yang terjadi di Pasuruan seharusnya tidak boleh terjadi, dan hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi di daerah manapun, apalagi di kota Surabaya, karena tugas wartawan sudah dilindungi oleh Undang-undang Pers, hal semacam ini yang akan saya perjuangkan,” kata Nurdin.

Terkait para pekerja seni, Nurdin memiliki visi untuk menciptakan suatu wadah bagi seniman untuk mementaskan hasil karya para seniman.

Karena menurut Nurdin, saat ini para seniman sangat kesulitan mencari tempat untuk dapat mementaskan karya seni mereka.

“Untuk itu jika saya terpilih menjadi anggota DPRD Surabaya, saya akan memperjuangkan para seniman agar memiliki tempat pertunjukan gratis untuk mementaskan hasil karya seniman kota Surabaya,” ujar mantan Produser stasiun televisi JTV itu.

Untuk itu, Nurdin berharap dukungan dan doa restu para insan pers dan pekerja seni agar dirinya dapat terpilih menjadi anggota DPRD Kota Surabaya dari Dapil I Surabaya.

“Saya mohon dukungan dan doa restu rekan-rekan agar dapat membawa aspirasi rekan-rekan jurnalis dan pekerja seni, jika saya terpilih menjadi anggota DPRD Surabaya,” tuturnya. Red

READ  Konsolidasi di Jatim, PBB Targetkan Fraksi di Senayan

Leave A Reply

Your email address will not be published.