Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Kesigapan BPBD Kab Cirebon Bagikan Air Bersih

Penakhatulistiwa.com – Akibat dampak dari kekeringan sejumlah warga Blok Balong, Desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Jati membagikan air bersih secara gratis untuk sejumlah warga diwilayah tersebut.

Related Posts
1 of 549

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, H. Eman Sulaeman menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan air bersih dengan menggunakan sebuah mobil tanki untuk wilayah tersebut.

Lanjutnya, terdapat 109 unit rumah, 218 kepala keluarga (KK) atau 1090 jiwa yang mendapatkan bantuan air bersih tersebut. “Dua petugas kita turun ke lokasi dibantu aparat Desa, RT setempat dan satu petugas PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon,” kata H. Eman disela-sela waktunya, Selasa (2/7).

Menurutnya, bahwa pengiriman air bersih di Desa Gebang Ilir merupakan yang pertama kalinya di musim kemarau ini. “Pengiriman air bersih ini, atas dasar permintaan dari masyarakat melalui Kuwu,” ujar H. Eman.

Dirinya juga menjelaskan, pengiriman air bersih tetap berlanjut selama dua kali sepekan dan pengiriman tersebut berakhir sampai musim penghujan yang akan datang.

Dikatakannya, berdasarkan informasi dari BMKG pada 2019 ini diprediksi mengalami kemarau cukup panjang. “Kemungkinan sampai bulan November,” tuturnya.

Sebab itu, pihaknya siap menerima laporan dari masyarakat untuk permintaan air bersih secara gratis. “Kami akan berkerjasama dengan PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon,” pungkas H. Eman.

Dalam pengiriman air bersih, kata H. Eman, jumlahnya tergantung kebutuhan masyarakat. Mu

READ  Mengungkap Kebenaran Program Perumahan Bersubsidi di Sidoarjo

Leave A Reply

Your email address will not be published.