Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Korem 084/BJ Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Penakhatulistiwa.com – Komando Resort Militer 084/Bhaskara Jaya mengelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat 2019 di Aula Makorem 084/BJ Jl. A. Yani No. 01 Surabaya. Kamis (18/07/19).

Kegiatan ini, mengusung tema.”Melalui Pembinaan RTRW, kita tingkatkan keterpaduan dan keserasian pembangunan wilayah pertahanan dengan RTRW Pemda untuk menjamin terwujudnya wilayah pertahanan yang berkualitasdalam rangka kepentingan pertahanan Negara”.

Related Posts
1 of 483

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah, komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat bersama dengan komponen kekuatan pertahanan lainnya. Maka dari itu, kita harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar kita, sehingga kedepannya, kita selalu siap untuk memobilisasi dan digunakan demi termewujudnya kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemberdayaan wilayah negara ini haruslah dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunan dari sedini mungkin. “Apabila tiba saatnya dibutuhkan, maka kondisi di wilayah telah siap, untuk penyelenggaraan pertahanan negara akan dapat terdukung pastinya,” ucap Danrem 084/BJ Kolonel Inf Sudaryanto, S.E., yang diwakili Kasi Ter Korem 084/BJ Mayor Inf A. Wakhid DS, S.Ip dihadapan para peserta yang hadir di aula Makorem 084/BJ.

Sedangkan pemateri kegiatan, Pasi Wanwil Ter Korem 084/BJ Mayor Arh Iwan A. dalam materinya menyampaikan, perlunya sosialisasi dan penyusunan RTRW Hanrat ini, sangatlah penting dan memiliki tujuan yaitu, menyamakan persepsi tentang penyusunan RTRW yang berkaitan dengan fungsi dari pertahanan.

Dimana selama ini penyusunan RTRW Hanrat oleh Satuan kordinator wilayah, umumnya, sudah berpedoman pada buku panduan yang ada. “Sementara itu, belum terdapat adanya keseragaman dalam bentuk format maupun esensi isi didalamnya, sehingga implementasinya juga belum terintegrasi secara baik dengan tata ruang wilayah yang ada berdasarkan apa yang sudah di buat oleh pemerintah daerah,” paparnya.

Selanjutnya, Danrem dalam sambutannya mengharapkan. Melalui kegiatan sosialisasi ini, para peserta akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama secara mendalam tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan RTRW Hanrat di wilayahnya masing–masing, sehingga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, dapat disesuaikan dengan apa yang di harapkan oleh Komando atas yang selaras dengan kondisi di daerah, namun tetap memperhatikan dan menjalin komunikasi dan koordinasi antara RTRW Provinsi dan kabupaten/kota.

Maka kedepan nanti, para peserta akan lebih memahami berbagai macam hal yang ada didaerahnya, baik itu menyangkut tentang jenis tanah, bencana alam, curah hujan, pulau-pulau di wilayah, daerah tempur, daerah belakang, daerah pangkal perlawanan, maupun jumlah Koramil dan Kecamatan serta luas daerah dapat di pahami dan kuasai.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, para Pasi Korem 084/BJ, Danramil, Pasiter dan Bintara Kodim jajaran Korem 084/BJ. Red

READ  Laporan OJK Wilayah 3 Cirebon Tahun 2020 Tetap Stabil Ditengah Pandemi Covid-19

Leave A Reply

Your email address will not be published.