Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Pertamina EP Lirik Field Tingkatkan Sinergi Melalui Latihan Penanganan Antisipasi Kebakaran

Penakhatulistiwa.com – Untuk memastikan kesiapan melindungi Objek Vital Nasional keadaan darurat, Pertamina EP Asset 1 Lirik Filed bekerjasama dengan Kodim 0302/Inhu, Polsek Lirik, KPBD dan Senkom Mitra Polri menggelar pelatihan keadaan darurat penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Camp 1 Pertamina Lirik Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, Kamis (25/7/2019).

Latihan Bersama digelar dalam Rangka Kesiap siagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.

Related Posts
1 of 471

Dimana di musim kemarau ini kebakaran hutan dan lahan bisa kapan saja terjadi. Kebakaran hutan atau lahan bisa terjadi karena faktor alam dan perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Dalam sambutan Tedjo Sumantri, Lirik Field Manager mengatakan dalam latihan bersama tentang Karlahutla, ini disesuiakan Standar SOP Pertamina.

“Melalui latihan penangananan Karlahutla ini kita sesuiakan Standar SOP Pertamina, selain itu kita bisa melatih kesiapan tim penanggulangan keadaan darurat di lokasi maupun di Region dan menumbuhkan alert system di semua lini jika kondisi darurat yang sesungguhnya terjadi,” kata Tedjo Sumantri, Lirik Field Manager.

Pencegahan dan penanganan keadaan darurat, jelas dia, merupakan hal yang mendapat perhatian utama perusahaan, terutama dari aspek Health Safety Security Environment (HSSE).

Hal ini mengingat lokasi operasional Pertamina merupakan Objek Vital Nasional karena bertugas menjalankan amanah pemerintah dalam menyalurkan BBM dan LPG baik subsidi maupun non subsidi yang telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Di lokasi yang sama, menurut Dandim 0302/Inhu Letkol ARH Hendra Roza SIP melalui Mayor Inf Saudoan Nababan SH mengatakan bahwa dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla kita sudah membentuk Tim Satgas Karhutla dengan berbagai kegiatan diantaran Kegiatan Rutin adalah Patroli Satgas Karhutla.

READ  Tim Mobile Satgas Haji Imigrasi Surabaya Mulai Layani CJH 2019

“Untuk Kecamatan Lirik ada beberapa titik yang rawan kebakaran diantaranya Desa Pasir Ringgit , Desa Redang Seko dan Desa Seko Lubuk Tigo,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, Dalam mengatasi Karhutla program-program Kodim yang dilaksanakan seperti Pembuatan Sekat Kanal dan Embung di Kab Inhu Skat Kanal 299 Embung 199 Titik, Kab Kuansinh Skat kanal 90 Embung 123 titik.

“Dengan dilaksanakan sosialisasi dan latihan karlahutla bersama, diharapkan semakin meningkatkan kerja sama antara Pertamina EP Asset 1 Lirik Filed dengan pihak Kodim 0302/Inhu, Polri, Senkom, BNPB dalam mengatasi dan mencegah timbulnya Karhutla,” tutupnya. 21k

Leave A Reply

Your email address will not be published.