Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Berikan Layanan Prima SRUT, BPTD Wilayah IX Provinsi Jabar Menuai Pujian Dari Masyarakat

Penakhatulistiwa.com – Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat melakukan penelitian rancang bangun dalam rangka penerbitan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) di beberapa karoseri di Cirebon.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Budi Santoso disela-sela kegiatannya, Kamis (3/10/2019) siang.

Related Posts
1 of 505

Menurut Budi, kegiatan ini merupakan rutinitas dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pemohon SRUT.

“Kami akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pemohon SRUT,” ujar Budi sambil tersenyum.

Budi menjelaskan, sepanjang verifikator pihaknya menilai karoseri yang mengajukan SRUT telah memenuhi persayaratan teknis dan administrasi.

Bahkan, pihaknya akan terus melayani masyarakat dalam kurun waktu 24 jam.

“Kami akan melayani selama 24 jam dalam seminggu, bila di perlukan untuk melayani pemeriksaan rancang bangun kendaraan bermotor,” tandasnya.

Budi pun menjelaskan SRUT merupakan identitas awal kendaraan bermotor sebelum mendapatkan buku uji dan STNK untuk dapat beroperasi di jalan raya. “Langkah ini juga untuk mengantisipasi terjadinya over dimensi, sehingga secara dini mencegah over loading yang dapat mengakibatkan kerusakan jalan dan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Meski begitu, pihaknya tak akan mentolerir kendaraan yang over dimensi. “Jika kami temukan, maka kendaraan yang over dimensi tersebut harus di sesuaikan dimensinya dengan peraturan yang berlaku sebelum SRUT di terbitkan, itu mutlak dan tidak bisa di tawar lagi,” tegas Kepala Seksi Sarana dan Prasarana BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat ini.

READ  Beralih Tugas, 14 Perangkat Desa Cangkring Diambil Sumpah

Saat ini, pihaknya telah melakukan penelitian rancang bangun di Karoseri Adi Daya Sentosa Cirebon.

“Bersama para penguji dan staf melakukan penelitian rancang bangun di karoseri Adi Daya Sentosa Cirebon,” tutup Budi akhiri perbincangan.

Sementara itu, Koordinator Askindo Wilayah Cirebon Raya, M. Azi Judin sangat mengapresiasi serta mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah. Karena selalu memberikan informasi kebijakan pemerintah tentang over dimensi terhadap masyarakat.

“Selalu menginformasikan kebijakan pemerintah tentang over dimensi kepada para pelanggan kami. Sehingga tidak ada pesanan yang ukuran kendaraannya melebihi aturan yang diberikan pemerintah. Kami juga berharap kedepanya pelayanan akan tetap prima seperti sekarang,” kata Azi sambil tersenyum. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.