Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Kapolres Majalengka Bersama Satgas Karhutla, Turun Gunung Pantau Karhutla TNGC Buper Awilega

Penakhatulistiwa.com – Kapolres Majalengka AKBP Mariyono,. S.I.K., M.Si bersama Satgas Karhutla turun gunung memantau langsung kebakaran hutan dan lahan, Sabtu (6/10) pagi.

Kejadian Karhutla di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Buper Awilega, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terjadi pada Sabtu (5/10) kemarin.

Related Posts
1 of 519

“Hari ini bersama Satgas Karhutla Kabupaten, Satgas Karhutla Polres Majalengka dan Polsek Sindangwangi, kami memantau kebakaran lahan yang terjadi kemarin pada hari Sabtu,” kata Kapolres.

“Alhamdulillah api sudah padam berkat bantuan warga bersama Personil Sat Sabhara, Polsek dan Koramil Sindangwangi,” tambahnya.

Awalnya, pihaknya mendapat sebuah laporan dari masyarakat tentang adanya kebakaran lahan TNGC Buper Awilega. Akibat peristiwa tersebut, menyebabkan hampir membakar tanaman di sekitar lahan tersebut.

“Dengan sigap memadamkan api menggunakan alat pemadam kebakaran Hydrant dan peralatan seadanya,” terang AKBP Mariyono.

Meskipun begitu, api dapat dipadamkan, namun masyarakat dan Personil Polsek dan Koramil Sindangwangi tetap berjaga-jaga.

“Dikhawatirkan sisa-sisa bara terbawa angin kencang, sehingga menyambar daerah lainnya,” pungkasnya.

Kapolres menambahkan, pemantauan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan api tidak menyebar, sekaligus melakukan upaya pemadaman.

Tak hanya itu, polisi, selain itu juga melakukan penyelidikan, penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut.

“Kebakaran ini masih kami selidiki, guna mengetahui luasan lahan yang terbakar, Intinya kami juga akan terus membantu tugas personel Satgas Karhutla Kabupaten Majalengka,” ungkap AKBP Maryono.

Sementara itu, Kapolres Majalengka, menghimbau kepada masyarakat khususnya diwilayah tersebut agar tidak membakar sampah di sembarang tempat disaat musim kemarau panjang ini.

Lanjutnya, karena tempat tersebut rawan kebakaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Majalengka khusunya dilingkungan area lahan kosong. Jangan menabun dan membakar sampah di sembarang tempat, lantaran di musim kemarau panjang saat ini rawan terjadi kebakaran,” tegas Kapolres AKBP Maryono.

“Kembali kami ingatkan, agar jangan ada warga Majalengka yang membakar lahan untuk alasan apapun. Kalau ditemukan, pasti akan kami tindak sesuai hukum yang berlaku,” imbuhnya. Mu

READ  Erick Thohir Diteror karena Bersih-bersih di Lingkungan BUMN

Leave A Reply

Your email address will not be published.