Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Jokowi : Dewan Pengawas KPK, Nama-Nama Calon Sudah Masuk Tapi Belum Final

Penakhatulistiwa – Dewan Pengawas KPK akan segera terbentuk. Jokowi (Presiden Republik Indonesia) mengungkap sejumlah nama yang diusulkan sebagai Dewan Pengawas KPK. Nama-nama tersebut mulai dari mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki hingga hakim Albertina Ho.

“Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana,” kata Presiden Jokowi saat berada di Balikpapan, Kalimantan Timur (18/12/2019).

Related Posts
1 of 276

Selain Albertina Ho dan Taufiequrachman Ruki, ada juga nama mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar. Namun, kata Jokowi, nama-nama itu masih sebatas usulan.

“Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan,” ujar Jokowi sambil menyebut nama mantak Ketua KPK Taufiequerachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Jokowi mengatakan nama-nama yang ada saat ini memang belum difinalkan. Tetapi, dia memastikan nantinya orang-orang yang terpilih sebagai Dewas adalah orang yang berkompeten dan memiliki rekam jejak yang baik.

“Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik,” imbuhnya.

Mengenai calon dari jaksa dan ekonom, Jokowi belum mau membocorkan nama-nama mereka. Akan tetapi, Jokowi meyakinkan bahwa nama yang terpilih merupakan sosok yang baik.

“Jaksa siapa ya, ada jaksa yang tidak aktif lagi kelihatannya, kalau ekonom masuk biar seimbang, yang pasti baik-baiklah,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik lima Dewan Pengawas KPK dua hari lagi. Jokowi membocorkan latar belakang Dewan Pengawas KPK.

“Ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana,” kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

READ  Persoalan Terkait Tanah RS M Zyn Sampang, 4 Tergugat Kembali Tak Hadiri Sidang

Leave A Reply

Your email address will not be published.