Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Awasi WNA, Imigrasi Kelas 1 TPI Cirebon Sosialisasikan Aplikasi IDN E-ARRIVAL

Cirebon, Penakatulistiwa – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon menyosialisasikan penggunaan aplikasi IDN e-Arrival Card dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Kota Cirebonpada kamis (21/01/2021).

Rakor yang diikuti perwakilan berbagai instansi yang tergabung dalam Tim Pora Kota Cirebon, itu berlangsung di salah satu aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Related Posts
1 of 399

Kepada sejumlah media Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon, Arfa Yudha Indriawan, mengatakan, aplikasi IDN e-Arrival Card dapat digunakan untuk mengawasi orang asing.

Menurut dia, aplikasi itupun dapat mendetekai lalu lintas orang asing selama berada di seluruh wilayah Indonesia.

Pasalnya, WNA diharuskan mengisi data dirinya di aplikasi tersebut saat tiba di Indonesia, termasuk lokasi tinggal dan tujuan perjalanannya.Datanya terkoneksi ke seluruh Kantor Imigrasi se-Indonesia, sehingga bisa diketahui saat ada orang asing di wilayah kerjanya.

Arfa menuturkan pengawasan aktivitas orang asing juga lebih mudah melalui pelaporan aplikasi tersebut.

Mengingat orang asing yang datang ke Indonesia telah mengisi data dirinya sehingga setiap aktivitasnya akan terdeteksi.

Selain itu, data tersebut juga akan disampaikan kepada stakeholder terkait di wilayah Kota Cirebon yang terlibat dalam Tim Pora.

Lebih lanjut Arfa menegaskan, pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab seluruh instansi yang tergabung dalam Tim Pora. Namun, setiap instansi mempunyai tugas dan peranan yang berebeda-beda meski muaranya adalah Kantor Imigrasi.

Terutama dalam hal pendeportasian dan pencekalan orang asing yang terbukti melakukan tindakan pelanggaran hukum saat berada di Indonesia. Selain itu juga Aplikasi ini merupakan inovasi dari Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Bapak Dodi Heru Tjondro.

READ  Mantaaap... Komsos Ala Dandim 0620/Kab Cirebon

Leave A Reply

Your email address will not be published.