Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Positif Covid 19 Terus Bertambah, Relawan di Cirebon Aktif Bantu Pencegahan

Cirebon, Penakhatulistiwa – Angka penderita covid 19 di Kabupaten Cirebon hingga saat ini terus bertambah. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menangani hal tersebut, salah satunya dengan vaksinasi.

Sesuai data pada 20 Februari 2021, tercatat sebanyak 5824 kasus positif covid 19 di Kabupaten Cirebon. Dari jumlah tersebut, 435 diantaranya masih menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan.

Upaya pencegahan penyebaran covid 19, ternyata bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga dilakukan oleh sejumlah relawan. Salah satunya adalah Astana.

Related Posts
1 of 375

Astana merupakan singkatan dari Masyarakat Tanggap Bencana. Kelompok ini diinisiasi, karena makin seringnya terjadi bencana disejumlah wilayah, terutama di Kabupaten Cirebon.

Adanya Pandemi Covid 19, membuat Astana lebih fokus ikut membantu program pemerintah dalam penanganan penyebaran covid 19.

Kelompok yang diikuti oleh sejumlah relawan dari Kecamatan Astanajapura dan Mundu ini, sudah sering melakukan gerakan swadaya, untuk ikut melakukan pencegahan penyebaran covid 19.

Mereka melakukan penyemprotan disinfektan kesejumlah desa, pembagian masker dan juga sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan.

“Kami sudah dimintai bantuan oleh delapan desa, untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan pencegahan penyebaran covid 19 lainnya,” ujar Salam Ketua Astana, Minggu 21 Februari 2021.

Pada hari ini, kelompok relawan yang menjadi binaan perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power ini, melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker di Desa Lebakmekar Kecamatan Greged Kabupateb Cirebon.

Mereka diminta oleh pemerintah desa, untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker, pasca adanya salah satu warga yang terkonfirmasi positif.

READ  Pastikan Imlek aman, Kapolres Cirebon Kota turun langsung cek Vihara di wilayah hukum Polres Cirebon Kota

” Tadi, selain penyemprotan disinfektan, kami juga membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker,” kata Salam.

Kuwu Lebakmekar Alek Setiawan mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya gerakan relawan Astana ini. Alek mengungkapkan, keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pihak desa, membuat dirinya berusaha untuk meminta bantuan kepada pihak lainnya, salah satunya adalah Astana.

Menurut Alek, salah satu yang istimewa dari Astana, yaitu semangat kemanusiaan dan kerelawanan dari anggotanya. Terbukti, walaupun anggota Astana tidak ada yang berasal dari Desa Lebakmekar, namun mereka mau membantu untuk pencegahan covid 19 diwilayahnya.

“Ini juga, untuk menggugah kesadaran warga saya. Masa, orang dari luar mau membuat gerakan seperti ini, warga desanya malah diam saja,” ujar Alek.

Di Desa Lebakmekar ini, kelompok Astana akan melakukan penyemprotan di lima titik lokasi. Yaitu di kantor desa, tiga blok dan lingkungan rumah yang warganya terpapar covid 19.q

Alek mengaku sangat terbantu dengan adanya gerakan yang dilakukan oleh kelompok Astana ini, dan berharap bisa ditiru oleh masyarakat lainnya.

“Sangat membantu sekali. Semoga warga saya juga bisa melakukan hal yang serupa,” ujar Alek.

Head of Community Relation Cirebon Power, Anton Rahmadi menuturkan, pihaknya memang mendukung gerakan yang dilakukan oleh Astana.

Salah satu dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power, yaitu pelatihan-pelatihan dasar mengenai kebencanaan dan penanganan covid 19.

“Namun, saat ini memang fokus pada masalah covid 19, apalagi Cirebon sempat masuk zona merah,” ujar Anton.

Salah satu tujuan dari dibentuknya kelompok Astana ini, yaitu ikut membantu progran pemerintah dalam menangani bencana yang terjadi di masyarakat.

Menurutnya, keberadaan kelompok Astana ini sudah diakui oleh masyarakat. Terbukti, mereka sudah dimintai bantuan oleh sejumlah desa, untuk melakukan disinfeksi ataupun sosialisasi mengenai penanganan covid 19.

READ  Pangdam III/Siliwangi Sumpah Dan Lantik 174 Prajurit Muda Secara Virtual

“Ini desa yang kedelapan, yang dibantu oleh kelompok Astana,” kata Anton.

Leave A Reply

Your email address will not be published.