Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Dansektor 1 Satgas Citarum Harum Pimpin Penanaman Pohon Tarum Di Bantaran Situ Cisanti

Kab. Bandung, penakhatulistiwa.com – Dansektor 1 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi memimpin penanaman pohon Tarum bertempat di bantaran Situ Cisanti di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Rabu (24/2/2021).

Related Posts
1 of 280

Untuk saat ini, Sektor 1 menanam pohon tarum sebanyak 150 pohon. Pohon tarum dengan nama latin Indigofera termasuk pohon yang langka karena pohon ini merupakan tumbuhan penghasil warna biru alami.

Usai melaksanakan penanaman, Dansektor 1 Kolonel Kav Purwadi menjelaskan, ” penanaman pohon tarum dikawasan Situ Cisanti sebagai upaya untuk melestarikan pohon tarum. Apalagi pohon tarum ini termasuk pohon yang langka dan jarang ditemukan di bantaran Sungai Citarum “.

Ia juga mengatakan,” pohon tarum tersebut merupakan pohon yang digunakan sebagai cikal bakal nama Citarum yang diambil dari pohon Tarum. Pohon tarum ini juga merupakan tumbuhan penghasil warna biru alami “.

” Orang jawa menyebutnya sebagai tom. Zat pewarna yang terdapat pada pohon tarum ini dapat digunakan juga sebagai pewarna dalam pembuatan batik, ” kata Dansektor 1 Kolonel Kav Purwadi. (Pendam III/Siliwangi).

READ  Pandemi Covid Awal Tahun 2021, 165 Santri Pesantren di Gempol Terkonfirmasi Positif

Leave A Reply

Your email address will not be published.