Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Kolonel Inf Jefson Marisano Tinjau Sub-sub Sektor 7 Satgas Citarum Dalam Rangka Pembuatan Lubang Biopori

Kab. Bandung, penakhatulistiwa.com – Biopori adalah teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan selain dengan sumur resapan. Lubang Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dan didalamnya terbentuk lubang-lubang kecil yang terbentuk karena aktivitas organisme.

Related Posts
1 of 218

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakana, “manfaat dari biopori salah satunya adalah sebagai upaya untuk mengurangi genangan air saat musim hujan. Perlu diketahui bahwa wilayah Sektor 7 kerap kali menjadi langganan banjir khususnya di wilayah Dayeuhkolot, Pesawahan dan Andir.
Lebih lanjut dikatakan Dansektor, walaupun wilayah tersebut berdekatan dengan Sungai Citarum, namun sejak adanya pelebaran dan pengerukan sedimen atau pendalaman Sungai Citarum serta sejak dibangunnya Kolam Resitensi alhamdulillah di wilayah tersebut banjir sudah mulai berkurang, Senin (15/3/2021).

“Hari ini Sub-sub Sektor 7 Satgas Citarum dalam rangka mengurangi banjir atau mengurangi genangan air melaksanakan pembuatan lubang biopori di beberapa wilayah Desa/Kelurahan, ” terangnya.

Dijelaskannya bahwa, ” Pembuatan lubang biopori dikerjakan bersama anggota Sub-sub Sektor dan warga masyarakat yang sebelumnya sudah mendapatkan penjelasan tentang lubang biopori, manfaat dari biopori mulai dari mengurangi sampah organik, membantu menyuburkan tanah, meningkatkan penghijauan, menghambat pemanasan global, meningkatkan debit air tanah, mencegah kekeringan dan mencegah penyebaran penyakit.

Dalam peninjauan pembuatan lubang resapan biopori ke Sub-sub Sektor Dansektor 7 memberikan motivasi dan semangat kepada anggota dan warga masyarakat yang ikut berpatisipasi.

READ  Satnarkoba Polres Rejang Lebong Kembali Tangkap Bandar Sabu

Di sela-sela kesibukan meninjau pembuatan lubang resapan biopori, Dansektor 7 mampir ke Taman Edukasi Kampung Cikampuy Hilir memberikan sumbangan Buku-buku Pengetahuan kepada Perpustakaan di Taman Edukasi yang dibangun oleh Sub Sektor Sangkanhurip. (Pendam III/Siliwangi).

Leave A Reply

Your email address will not be published.