Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

ASTRA Tol Cipali Raih Penghargaan Pelopor Keselamatan dari Kemenhub RI 

Cirebon, penakhatulistiwa – ASTRA Tol Cipali kembali raih penghargaan sebagai salah satu jalan tol pelopor keselamatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diterima secara langsung oleh Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis di Jakarta pada selasa (13/4/2021). Apresiasi atas tindakan keselamatan (Safety Action) yang dilaksanakan dalam meningkatkan keselamatan transportasi ini merupakan hasil usaha bentuk keseriusan ASTRA Tol Cipali dalam rangka mewujudkan jalan tol yang selalu memberikan inovasi terkait keselamatan bagi pengguna jalan guna mewujudkan jalan tol bebas hambatan yang lancar, aman dan nyaman. “Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan apresiasi kepada ASTRA Tol Cipali atas tindakan keselamatan (Safety Action) yang dilaksanakan dalam meningkatkan keselamatan transportasi, apresiasi ini menjadi semangat buat kami untuk terus berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jalan dan terus berinovasi serta berkarya melalui program – program yang akan dilakukan sehingga pengguna jalan dapat merasakan manfaatnya dan dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyama di tol Cipali,” ujar Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis pada selasa (13/4/2021).

Bentuk keseriusan ASTRA Tol Cipali dalam menciptakan jalan tol yang Lancar, Aman, dan Nyaman tertuang dalam program 3E (Education, Engineering dan Enforcement), juga rejuvenate rest area, juga penambahan fasilitas di sepanjang ruas tol Cipali. ” Sejak 1 April 2021 ASTRA Tol Cipali telah membuka kembali rest area KM 130 arah Palimanan yang diberi nama “Resta Titirah Kahirupan 130 A”, Rejuvenate rest area yang dilakukan dengan konsep ruang terbuka hijau menjadikan rest area ini memiliki tampilan yang lebih segar sehingga menciptakan suasana nyaman dan instagramabel bagi pengguna jalan yang berisitirahat. Selain fasilitas yang tersedia seperti food court, mini market, masjid, toilet dan ATM Center juga ditambah dengan fasilitas area outdoor fitness, open air café & resto, serta ruang terbuka hijau diharapkan memberikan dampak positif dan menjadi tempat berteduh yang bermanfaat tidak hanya bagi pengguna jalan namun juga masyarakat sekitar.” ucap Firdaus Azis.

Related Posts
1 of 258

Upaya lain dilakukan ASTRA Tol Cipali pada peningkatan fasilitas di sepanjang jalan tol Cipali juga terlihat pada pembangunan lampu-lampu iconic yang ada di beberapa ruas dan juga jembatan penyeberangan orang (JPO) dengan warna orange sebagai identity colour ASTRA Tol Cipali. Untuk menambah sisi beautifikasi dilakukan penanaman pohon di beberapa ruas khususnya di area interchange. ” Nah disamping itu juga sejak akhir tahun 2020, dilakukan pemasangan CCTV di tiap 1 Km sepanjang ruas tol Cipali yang berfungsi untuk memantau lalu lintas dan kecepatan berkendara para pengguna jalan, nantinya CCTV ini juga akan mendukung program Kepolisian Daerah dalam menerapkan E-tilang di jalan tol, sebagai pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan ASTRA Tol Cipali akan terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan guna mewujudkan jalan tol yang bebas hambatan dapat dilalui dengan Lancar, Aman dan Nyaman.” tutur Firdaus.

ASTRA Tol Cipali membutuhkan peran serta masyarakt untuk selalu tertib dan aman berkendara dengan mematuhi rambu-rambu dan batas kecepatan yang sudah ditetapkan yakni batas kecepatan minimal 60 Km/jam dan batas kecepatan maksimal 100 Km/jam. Dan dalam kondisi hujan di imbau untuk berkendara dengan batas kecepatan maksimal 70 Km/jam untuk mengindari aquaplaning pada kendaraan.

Jika pengguna jalan sudah berkendara selama 4 jam atau merasa lelah dapat beristirahat di rest area terdekat atau yang tersedia setelah keluar dari gerbang Tol, jangan kuatir untuk kembali masuk ke ruas tol karena biaya yang dikenakan hanya satu kali. (junior)

Leave A Reply

Your email address will not be published.