Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Geliatkan UMKM di Masa Pandemi, Pertamina EP Berikan Bantuan Mobil Toko

Karawang – Pandemi belum berakhir. Banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak membutuhkan bantuan berbagai pihak untuk bangkit kembali.

Sebagai wujud nyata komitmen perusahaan dalam menggenjot roda perekonomian UMKM di triwulan pertama tahun 2021, PT Pertamina EP Field Tambun, Subholding Upstream Regional Jawa memberikan bantuan berupa 1 (satu) unit Mobil Toko (Moko) kepada mitra binaan di Kabupaten Karawang, Kelompok Anugerah Pertiwi.

Related Posts
1 of 197

Penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) ini dilakukan secara simbolis oleh CSR Staff Pertamina EP Tambun, Noor Taufiq, di Dapur Kreatif milik Kelompok Anugerah Pertiwi yang berada di Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya.

Pada kesempatan tersebut, Noor Taufiq menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini bertujuan untuk menstimulasi mobilitas dan menambah efisiensi pemasaran produk kelompok. “Harapannya dengan adanya Moko ini, produk kelompok dapat lebih dikenal masyarakat luas, baik masyarakat Karawang maupun luar kota, dan berdampak ke peningkatan pendapatan kelompok,” tambahnya.

Kelompok yang beranggotakan 8 orang ibu rumah tangga ini memanfaatkan hasil pertanian rumput laut yang kemudian diolah menjadi berbagai varian makanan yang kaya akan serat. Terdapat 3 produk unggulan yang digemari oleh pelanggan, antara lain Mie Krystal, Agar Strips, dan Permen Agar dengan bahan baku 100 persen rumput laut.

Nia Nurhalimah selaku Ketua Kelompok Anugerah Pertiwi mengaku sangat terbantu dan berterima kasih kepada Pertamina EP. “Dengan adanya Moko ini dapat menghemat biaya distribusi. Jika biasanya kami menghabiskan biaya sampai 1,5 juta rupiah untuk ongkos kirim, kini kami hanya perlu mengeluarkan uang bensin untuk sekali kirim ke Jakarta,” ujar Nia.

Nia mengungkapkan bahwa saat ini kelompoknya memproduksi Mie Krystal sebanyak 2.000 sampai 3.000 pack per bulan untuk memenuhi kebutuhan pasar. “Banyak pesanan datang dari Jakarta dan dari Dinas Perikanan Kabupaten Karawang. Pelanggan menyukai produk kami karena aman dikonsumsi dan tinggi serat sehingga cocok untuk orang-orang yang sedang dalam program diet”, tambahnya.

READ  Unit Reskrim Polsek Mundu Polres Ciko, tangani dengan Cepat warga gandir

Pertamina EP senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR, meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, dan penanggulangan bencana.

Media Contact:
Hari Setyono
Manager Communication Relations & CID
PT Pertamina EP Regional 2
08127570140
[email protected]mina.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.