Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Sosialisasi Peran IFG & Anak Perusahaan Dalam Menyediakan Produk Asuransi Dan Penjaminan Di Masyarakat

Kabupaten Cirebon : Masyarakat harus mendapatkan jaminan Asuransi yang maksimal dan profesional dari berbagai perusahaan Asuransi atau Financial yang ada di Indonesia untuk keberlangsungan dunia usaha baik itu UMKM level kecil hingga yang besar. ” Kita tau di era Pandemi Covid 19 ini semua lini usaha serba berat karena hantaman Corona, namun hal itu bukan menjadi satu kendala berarti, semua harus bangkit dan dalam ini teman – teman perusahaan Asuransi harus mampu menjamin dan membantu masyarakat kalangan usaha UMKM untuk bangkit dan melawan Pandemi Covid 19,” Ujar Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Dr.Ir.E Herman Khaeron, M.Si melalui rilis elektronik pada Rabu (15/9/2021)


Lebih lanjut Kang Hero sapaan akrab Dr.Ir.E Herman Khaeron, M.Si mengatakan bahwa

dalam rangka meningkatkan dan memperkuat pemahaman terhadap peran pemerintah dalam memperkuat perekonomian Indonesia dimasa pandemic ini, Pemerintah memberikan berbagai program insentif dalam bentuk asuransi dan penjaminan yang fokus pada pelaku usaha UMKM di berbagai sektor. ” Salah

satu fokus utama saat ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM bahwa dengan adanya program asuransi dan penjaminan ini diharapkan para pelaku UMKM dapat memperkuat inovasi dan upaya untuk terus menciptakan produk dan layanan yang dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini.” ucap Hero.


Untuk itu, sosialisasi ini bertujuan mendorong pemulihan ekonomi nasional terutama bagi pelaku usaha UMKM. ” Pertemuan dengan Konstituen DPR RI menjadi rangkaian komunikasi dalam melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi positif kepada masyarakat mengenai Peran dan Manfaat Asuransi dan Penjaminan dari ekosistem Indonesia Financial Group (PT Askrindo, PT Jamkrindo, PT Jasiondo, PT Asuransi Jiwa IFG dan PT Jasa Raharja). 


Kolaborasi tersebut bertujuan untuk memperkuat pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan asuransi dan penjaminan termasuk manfaatnya agar dirasakan langsung oleh masyarakat.” tutur Hero.


Pembentukan holding asuransi dan penjaminan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Indonesia Financial Group (IFG) tidak hanya bermanfaat bagi industri asuransi. Lebih dari itu, IFG diyakini mampu memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM dengan menciptakan sinergi dan kolaborasi. Hal ini terlihat melalui penjaminan kredit kepada Perbankan. Layanan penjaminan ini diberikan melalui PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).


UMKM yang terdampak Pandemi Covid 19 pun sangat banyak mencapai 7 ribuan. ” Tercatat 7994 UMKM yang kena imbas dari pandemi Covid 19 di semua wilayah Indonesia, bahkan ada yang usahanya ditutup, tetapi saya berharap semua bisa bertahan hingga selesai pandemi. Harus ada inovasi baru dari kalangan pelaku UMKM salah satunya dengan memanfaatkan perusahaan Asuransi sebagai salah satu solusi kedepan untuk tetap bertahan,” ucap Kang Hero. 


Hadir dalam kesempatan tersebut berbagai perusahaan Asuransi BUMN, yaitu PT Jasa Raharja, PT Askrindo, PT Jamkrindo, dan PT Jasindo. Kegiatan sosialisasi ini tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan menjaga 5 M serta telah di vaksin.

READ  La Nyalla Silaturrahmi ke Rumah KH. Ma'ruf Amin

Leave A Reply

Your email address will not be published.