Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Hadiri Panen Raya Ikan Air Tawar Hasil Budidaya Eks Napiter, Kapolresta Cirebon Borong Ikan Dua Kwintal

POLRESTA CIREBON – Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, menghadiri panen raya ikan air tawar hasil budidaya eks narapidana teroris (napiter) di Desa Dukupuntang, Kecamatan Dukupuntang, kabupaten Cirebon, Rabu (3/11/2021).

Para mantan napiter binaan Satgaswil Jabar Densus 88 Anti Teror Polri yang mengelola budidaya ikan air tawar tersebut tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Harapan Berkah.

Related Posts
1 of 118

Hal itu tak lepas dari peran Polri yang telah melakukan pembinaan dan pendekatan secara humanis agar eks napiter memiliki peran yang bermanfaat bagi banyak orang.

Dalam kesempatan itu, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, memborong dua kwintal ikan segar yang baru saja dipanen pada hari ini. Bahkan, ikan tersebut langsung dibagikan kepada puluhan warga yang membutuhkan di Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, tindakan itu merupakan aksi spontan dalam rangka mendukung usaha yang dikelola para mantan napiter tersebut. Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk membeli ikan hasil budidaya itu karena kualitasnya sangat terjamin.

“Ada dua persoalan eks napiter bisa kembali pada masyarakat setelah berikrar kembali kepada NKRI. Pertama adalah tingkat penerimaan masyarakat, dan kedua sektor ekonomi,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Pihaknya pun mengapresiasi usaha budidaya ikan air tawar yang dikelola Kelompok Usaha Bersama Harapan Berkah. Pasalnya, menjadi contoh yang bagus, bagaimana eks napiter ini bisa kembali diterima masyarakat.

READ  Diduga Penyerapan Dana Desa Babakan Gebang tak Tepat Sasaran

Ia juga memberikan bantuan pakan air tawar dan turut serta memanen ikan nila hasil budidaya eks napiter. Diharapkan, bantuan yang diberikan tidak hanya membuat eks napiter kembali berbaur di masyarakat.

Namun, dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, ia meyakini pendekatan emosional yang dilakukan Polri membuat mereka tidak kembali melakukan aksi-aksi teror yang dapat merugikan banyak orang.

“Di sini kita bisa melihat dengan sisi lain, ada hikmah dan hidup baru setelah mereka bebas. Ini aktivitas positif yang bisa membantu para mantan napiter kembali ke kehidupan bermasyarakat yang berlandaskan Pancasila,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Leave A Reply

Your email address will not be published.