Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

35 Ribu Nelayan Terlindungi Asuransi

Kota Cirebon : Sebanyak 35 ribu nelayan Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat telah terlindungi asuransi yang digagas Direktorat Polairud (Ditpolairud) Polda Jabar bersama sejumlah pihak. Progran tersebut merupakan upaya dalam menjamin keselamatan nelayan. Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana, didampingi Direktur Polairud Polda Jawa Barat, Kombes Pol Widihandoko usai simboli menyerahkan Asuransi kepada nelayan di Acara HUT Polairud ke 71 pada Rabu (1/12/2021) mengatakan program asuransi nelayan telah digagas selama satu dekade terakhir. Sejauh ini, program tersebut melindungi ribuan nelayan di wilayah pantai utara dan selatan. “Sekarang sudah tercatat 35 ribu nelayan yang didominasi para nelayan di wilayah pantura dan pansela, Jawa Barat. Hari ini juga diberikan asuransi kepada 3000 nelayan,” ujar Irjen Pol Santana. 

Dijelaskannya, angka tersebut dipastikan akan terus bertambah ke depannya. Pasalnya, berdasarkan data HSNI Jawa Barat saat ini jumlah nelayan di Jawa Barat mencapai 87 ribu orang. Diterangkannya, asuransi tersebut bertujuan untuk melindungi dan membantu para nelayan yang terkena musibah saat mencari nafkah di Laut. Asuransi tersebut juga diprioritaskan bagi nelayan kecil yang menggantungkan hidupnya dan sehari-hari mencari ikan di laut. “Intinya adalah para nelayan yang melaut hanya untuk kebutuhan hidupnya. Sedangkan untuk skala besar, pasti sudah ada asuransi dari pemilik kapal masing-masing,” jelasnya.

Related Posts
1 of 148

Adapun untuk donatur, pihaknya menyebut kerjasama dari para stakeholder komersil yang memiliki kontak erat dengan nelayan. Pihaknya mengajak mereka untuk meningkatkan kepedulian terhadap nelayan kecil. Dikatakannya, bagi nelayan yang belum mendaftar, dipersilahkan menghubungi Binmas Perairan untuk terdata sebagai penerima Polis asuransi. Sehingga bagi lembaga maupun perorangan yang memiliki dana lebih maupun CSR untuk mendukung program tersebut.

READ  Tingkatkan kemampuan penyidik. Kapolres Cirebon Kota buka Latkatpuan penyidik reskrim Polres & Polsek Jajaran

Leave A Reply

Your email address will not be published.