Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Peringati HUT Marinir, Ikatan Marinir Cirebon Gelar Khitanan Massal & Baksos

Kabupaten Cirebon : Ikatan Marinir Cirebon (IMC) bersinergi dengan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat Wilayah III Cirebon menggelar kegiatan sunatan massal dan bhakti sosial untuk warga kurang mampu serta anak yatim piatu yang dilaksanakan di Desa Buyut Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Marinir TNI AL yang jatuh pada tanggal 15 November 2021 dan ajang silaturahmi Prajurit Petarung Samudera Korps Marinir yang berasal dari Wilayah III Cirebon mulai dari Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan untuk bisa membantu serta  meringankan tempat kelahirannya.

 

 

Kegiatan Khitanan massal dan Baksos ini  dilaksanakan secara sederhana dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sebelum pelaksanaan panitia dan para peserta menjalani screening kesehatan berupa pemeriksaan rapid test, pengisian formulir dan menjawab pertanyaan terkait kondisi kesehatan para peserta. Terdapat puluhan anak terdata mengikuti sunatan berasal dari masyarakat sekitar. Para peserta yang sudah disunat mendapatkan bingkisan tali asih dari Ikatan Marinir Cirebon.

 

 

Related Posts
1 of 151

Ketua Ikatan Marinir Cirebon sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Serma Usman Janatin mengatakan, kegiatan ini juga berrujuan untuk mengenalkan IMC kepada masyarakat luas. “Untuk total anak yang dikhitan target kita 30 anak. Untuk Sembako dan Santunan Anak Yatim kita bagikan 200 paket sembako,” jelas Serma Usman pada Sabtu (18/12/2021)

READ  Kapolres Cirebon Kota, jalin silahturahmi dengan Pengasuh Ponpes Al Khairiyah Watubelah

 

 

Adapun tema dari penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini adalah “Marinir Mengabdi untuk Ibu Pertiwi”.

 

“Harapan saya kedepan masyarakat luas tahun adanya IMC, bahwasanya IMC peduli terhadap masyarakat sekitar,” tambahnya

 

Selain mengadakan sunatan massal, IMC juga mengadakan kegiatan lainnya yang bersifat sosial kemasyarakatan antara lain seperti pembinaan personil, pembangunan sarana olahraga, sarana ibadah, dan rutilahu. “IMC wilayah Cirebon mencakup Ciagumajakuning. Kegiatan kita terbagi di desa-desa terpencil kabupaten dan kota ” tukas Usman.

 

 

Kuwu Desa Buyut, Wandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada IMC atas penyelenggaraan kegiatan ini.

 

“Saya sangat berterimakasih kepada IMC se Wilayah III Cirebon ini karena sanvat membantu kepada warga kami yang lagi diterjang pandemi Covid-19 ini. Atas bantuan ini saya sangat berterima kasih,” ucap Kuwu Wandi.

 

 

Kegiatan ini sejalan dengan instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI  Yudo Margono  agar keberadaan prajurit Jalasena TNI AL di mana pun bertugas dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekelilingnya.

 

Selain dari IMC kegiatan Khitanan Massal dan Bhakti Sosial tersebut didukung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono serta Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E.,M.M., M.Tr, Opslat., CHRMP, Aspotmar Dankormar, Dan lanal Cirebon dan Instansi TNI Polri serta masyarakat Wilayah III Cirebon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.