Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

DKM SUBULUSSALAAM GELAR PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH

Harjamukti-, Pengurus DKM Subulussalaam RW 14 Permata Harjamukti Utara Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon sukses menggelar kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah bertempat di Masjid Subulussalaam Minggu ( 20/2 )

Ketua Panitia Didi Sunardi, SE dalam laporan nya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil di wilayahnya dalam upaya menanggulangi dan membantu Jamaah Masjid Subulussalaam dan warga sekitarnya apabila mengalami musibah kematian fadhu kifayah dan memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan Jamaah Masjid Subulussalaam khususnya pada pelatihan Pemulasaraan mengurus Jenazah. Serta media untuk senantiasa mengingat kematian dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, jelas Didi Sunardi, SE yang juga Wakil Ketua DKM Subulussalaam.

Related Posts
1 of 178

Pria yang juga sebagai Sekretaris PD DMI Kota Cirebon lebih lanjut menambahkan bahwa kegiatan tersebut berlangsung sehari penuh dan diikuti oleh 30 peserta yang menghadirkan Pemateri dan Instruktur Drs. HM.Utsmani, MH dan Ustadz Agus Hardianto.

Sementara itu Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman dalam kata sambutan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian Pra Ramadhan 1443 H antara lain kegiatan Gurah, Pemulasaraan Jenazah, Diklat Kepemimpinan Remaja Masjid, Pelatihan Sholat Menuju Sempurna, Peringatan Isra Mi’raj dan Rukyah Massal. Selanjutnya tambah Naim bahwa pihaknya berharap kepada peserta agar dapat mengikuti acara pelatihan tersebut dengan sungguh sungguh karena hanya orang yang terpanggil hati nya yang bisa mengikuti kegiatan ini dan juga menjadi garda terdepan bila suatu saat ada yang meninggal dunia.

READ  Staf Intelijen Kodam (Sinteldam) III/Siliwangi laksanakan kegiatan Sosialisasi Program Keselamatan Berkendara dan Berlalu-lintas (PKBB)

Sementara itu Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. H. Sri Budi Hardjo atau yang akrab dipanggil SBH yang turut hadir dalam Acara Pembukaan, dalam Kata Sambutan mengatakan Bahwa dirinya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggara nya axara tersebut karena acara semacam jarang dan langka diadakan. Dirinya hadir karena memang disetiap akhir pekan mendapat tugas dari DPRD Provinsi Jawa Barat untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke Dapil nya. Dirinya berharap kepada peserta agar dapat mengamalkan ilmu yang telah didapat di tengah tengah masyarakat serta menghimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimana Covid 19 hingga saat belum berakhir, tandas SBH.

Sementara Lurah Kalijaga Kecamatan Harjamukti, Entis Sutisna, SE saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa dalam hukum Islam mengurus Jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara memandikan, mengkafani, menghalalkan dan menguburkan Jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Pihak nya dari Pemerintah Kelurahan Kalijaga menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada DKM SUBULUSSALAAM yang telah memprakarsai kegiatan ini dan pihaknya berharap ke depan Ustadz Didi Sunardi bisa membantu nya untuk dilaksanakan di tingkat Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, tandas Sutisna yang merupakan mantan ajukan Sekda Kota Cirebon. ( Didi )

Leave A Reply

Your email address will not be published.