Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Uji Rencana Operasi Salah Satu Program Utama Pangdam III/Siliwangi

Bandung, Penakhatulistiwa.com – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., memimpin Apel Gabungan yang diikuti oleh Prajurit Satpur, Satbanpur, Satbalak, Satkoter dan PNS jajaran Kodam III/Slw, berlangsung di Lapangan Makodam III/Slw Jalan Aceh, No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/2/2022).

Kapendam III/Slw Kolonel Arie Tri Hedhianto mengatakan, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam arahannya menyampaikan program kerjanya yang akan dilaksanakan yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan program Sisfo Terintegrasi dan Terkomunikasi serta pengujian Rencana Operasi (RO) Satuan.

Related Posts
1 of 76

“Para komandan mempunyai kewajiban untuk meningkatkan SDM prajuritnya, karena manusia merupakan alat utamanya bukan senjata, permahir setiap bidang pekerjaan dalam rangka menghadapi kontijensi,” tuturnya.

Salah satu upaya meningkatkan sumber daya prajurit, Kodam III/Slw bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, prajurit akan dilatih berbagai ketrampilan seperti teknisi AC, perbengkelan, pertanian dan lain sebagainya akan diberikan sertifikat sesuai bidangnya, sehingga nantinya siap dalam menghadapi situasi darurat.

Peningkatan SDM dan kualitas SDM tidak hanya terhadap prajurit saja, akan tetapi termasuk keluarga. Dalam mengkader prajurit, Pangdam berharap agar keluarganya memberikan pendampingan pada saat anak atau keluarganya masuk seleksi jadi prajurit, bisa dilatih dari semua aspek seperti psikologi, jasmani, termasuk akademik.

“Kodam III/Slw sedang membangun Sisfo Terintegrasi dan Terkomunikasi, maka semua prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi harus bisa menguasai, baik jaringan, IT maupun sistem lainnya, gunakan sistem digitalisasi dan komputerisasi untuk mengefisiensikan serta mengefektifkan pekerjaan”, tegas Pangdam seperti dikatakan Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Sementara Uji Rencana Operasi (RO) merupakan salah satu program utama Pangdam III/Slw dalam mempersiapkan personel, alat peralatan, materiil, dilaksanakan berdasarkan kontijensi Kotama yang sedang dirumuskan. Seluruh Balakdam beserta jajarannya melaksanakan tupoksinya sesuai kontijensi yang dihadapi.

READ  Ketua DPR RI Sebut Kualitas Legislasi yang Utama, Pengamat : Sepakat dan Terus Tingkatkan

Kapendam III/Slw Kolonel Info Arie Tri Hedhianto menerangkan, apa yang menjadi program Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, adalah dalam rangka menghadapi ancaman, baik perang hybrid maupun asimetris, juga sebagai upaya pembangunan salah satu komponen Sishanta dimana TNI sebagai komponen utamanya. (Pendam III/Siliwangi).

Leave A Reply

Your email address will not be published.