Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

OctaFX Dinyatakan Ilegal, Gus Aswin Di Panggil Satgas Waspada Investasi

Penakhatulistiwa – Satgas Waspada Investasi (SWI) memanggil Founder Tubi Indonesia sekaligus influencer Ida Bagus Aswin P alias Gus Aswin.

 

Ketua SWI, Tongam L Tobing menjelaskan, pemanggilan ini karena Gus Aswin pernah memasarkan produk broker ilegal OctaFx.

 

Related Posts
1 of 280
“Satgas Waspada Investasi meminta untuk menghentikan segala kegiatan yang mempromosikan dan memfasilitasi broker OctaFX karena merupakan pelanggaran hukum”, ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin (23/05/2022).

 

Sementara, Tongam mengatakan pihaknya menghentikan tujuh entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin.

 

Tongam meminta, masyarakat untuk waspada segala bentuk modus baru yang dilakukan oleh para pelaku untuk menjerat korban dalam hal investasi.

 

Satgas Waspada Investasi juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan pedagang fisik aset kripto terdaftar di Bappebti yang dapat diakses melaui website dan tidak menggakan pedagang fisik aset kripto ilegal, seperti Binance, FTX, Coinbase Exchange, Huobi dan Kraken karena tidak memiliki izin dari Bappebti.

 

“Penanganan terhadap investasi ilegal dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota Satgas Waspada Investasi dari 12 kementerian atau elmbaga”, jelas Tongam.

 

Selain itu, SWI juga menemukan 100 pinjaman online (pinjol) ilegal. dengan demikian, total pinjol yang ditutup mencapai 3.989 sejak 2018 hingga April 2022.

 

“Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan serta pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email [email protected]”, imbuh dia.

 

Sementara, menanggapi beberapa informasi yang beredar di masyarakat, Satgas Waspada Investasi tidak pernah melarang penarikan dana dari para korban investasi bodong.

 

“Setiap entitas yang dihentikan kegiatannya oleh Satgas Waspada Investasi diperintahkan untuk mengembalikan kerugian masyarakat”, pungkas Tongam.
READ  Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Dave Laksono Gelorakan Pemulihan Ekonomi Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.