Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Ini Enam Dasar Yang Fundamental Dalam Wasbang Yang di Berikan Babinsa Kodim 0619/PWK Ke Pelajar

memberikan Wawasan Kebangsaan (WASBANG) kepada para pelajar yang bertempat di Sekolah MI Daroel Qhoer Dusun 02 Rt 08 Rw 04.

Purwakarta, Penakhatulistiwa – Serda Eman Babinsa Desa Simpang Kecamatan Wanayasa Koramil 1901/Wanayasa Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan giat memberikan Wawasan Kebangsaan (WASBANG) kepada para pelajar yang bertempat di Sekolah MI Daroel Qhoer Dusun 02 Rt 08 Rw 04.

“Nilai Wawasan Kebangsaan yang terwujud dalam Persatuan dan Kesatuan Bangsa memiliki enam dimensi yang bersifat mendasar dan fundamental,” kata Babinsa Desa Simpang Serda Eman, Selasa (25/10/2022).

Related Posts
1 of 281

Yang pertama, kata Serda Eman, penghargaan terhadap rakyat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME. Hal itu juga sebagai tertuang dalam sila pertama dalam Pancasila.

Kemudian, sambung Eman, yang ke dua yaitu cinta atas tanah air dan bangsa. Karena mencintai tanah air sebagian dari wujud rasa tanggung jawab warga negara Indonesia.

“Ketiga, demokrasi atau kedaulatan rakyat. Sebagai negara demokrasi tentu kedaulatan rakyat adalah yang utama dalam mewujudkan negara adil dan sejahtera,” ungkapnya.

Ke empat, tekad nilai bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas. Hal itu perlu untuk membangun kebebasan berekspresi dalam menciptakan negara yang demokrasi denga tekad yang sama untuk kemajuan bangsa.

“Ke lima, masyarakat adil makmur. Negara yang adil dan makmur merupakan perwujudan negara mandiri dan bermartabat,” terang Eman.

Dan yang terakhir, kata Eman, kesetiakawanan sosial. Untuk menjaga kolaborasi antar warga negara maka perlu adanya bangunan sosial yang baik dan harmonis dengan menjaga kesetiakawanan.

READ  92 Mahasiswa dari 15 Perguruan Tinggi Luar Jawa Berkuliah di UGJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.