Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Ratusan Pengungsi dari Donggala Palu, Tiba di Posko Terpadu

 

Penakhatulistiwa.com, Sidoarjo – Ratusan pengungsi korban bencana gempa/tsunami Donggala, Palu Sulawesi Selatan tiba di Bandara Juanda Sidoarjo disambut oleh Dandim 0816 Sidoarjo, Wakil Bupati sidoarjo, Kadis Ops Lanud, Pasi Bhakti Rem 084/Bj, Wakapolresta Sidoarjo dan Para Ketua Ormas KBT Mitra Kodim 0816 Sidoarjo, Kamis (4/10).

Related Posts
1 of 511

Berjumlah 2 kloter dari pengungsi Donggala, Palu Sulsel tiba di Bandara Juanda Sidoarjo dengan mengunakan 2 pesawat Hercules milik TNI AU no C-130 A-1316 sebagai pilot Mayor Pnb Dodik dengan membawa 164 orang korban bencana tiba tepat pukul 06.15 WIB. Dan pesawat no C-130 A-1337 sebagai pilot Pnb Ebor membawa 180 orang korban bencana tiba pada pukul 13.00 WIB. Dengan total keseluruhan 344 orang korban pengungsi.

Setelah tiba di Bandara Juanda Sidoarjo, para pengungsi langsung diarahkan menuju posko terpadu TNI-POLRI-PEMDA-Ormas Mitra Kodim 0816 Sidoarjo untuk dilakukan pendataan oleh petugas. Serta diberikan arahan oleh Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P untuk evakuasi ke tenda posko terpadu sambil menunggu kendaraan angkutan Bus dan trevel yang akan menjemput para pengungsi.

Selain itu, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo, S.I.P selaku Dandim 0816 Sidoarjo mengatakan, bahwa para pengungsi akan dibantu untuk pulang sesuai dengan alamat saudara tempat tinggalnya masing-masing.

Setelah diangkut oleh beberapa kendaraan diantaranya truk dari kodim 0816 Sidoarjo, Polresta sidoarjo, Lanudal Juanda, dan Lanud Juanda untuk diantarkan ke Terminal Bungurasih Surabaya. “Selanjutnya akan kita salurkan kepada kendaraan bus yang sesuai dengan alamat tempat tinggalnya saudaranya masing-masing,” terangnya.

Dari sebagian besar para pengungsi, Dandim menjelaskan, banyak pengungsi yang menuju ke Kabupaten Magetan, Madura, Bojonegoro, Malang, Jombang, Cepu, Surabaya, Jember bahkan ada yang menuju ke Jakarta dan Medan.

“Semua akan kita carikan solusi, agar pasti bisa memulangkan mereka dengan selamat sampai tujuan,” tambahnya

Dari data yang ada sekitar 298 orang korban pengungsi bencana, Dandim menerangkan, sudah dipulangkan langsung ke tempat tujuan masing-masing. Adapun sekitar 46 orang pengungsi masih ditempatkan di mess Bhaskara Jaya Juanda. “Mengingat kondisi kesehatan masih belum membaik untuk dipulangkan ke keluarganya. Ada 2 orang pengungsi yang saat ini sedang sakit karena patah tulang. Dan kita rujuk ke Rumkit Dr. Soekantio Tjahja Lanudal Juanda,” terangnya.

Di tempat penampungan para pengungsi, Adapun kebutuhan yang saat ini dibutuhkan oleh para pengungsi seperti makanan siap saji, obat-obatan, minuman. Terlihat juga beberapa Ormas Mitra Kodim 0816 Sidoarjo yang sudah membantu untuk penanganan pengungsi seperti GM FKPPI PC 1316, PPM, Pemuda Pancasila, KBP3, BMH Sidoarjo, Warga Perum Taman Wisata Tropodo, Karangtaruna Dusun Semampir RW 06.

“Mereka turut serta menjadi relawan. Dan membantu meringankan beban para pengungsi dengan memberikan bantuan logistik kepada para korban tsunami donggala ini,” kata Dandim 0816 Sidoarjo.

Sementara Wakil Bupati Sidoarjo, H.Nur Ahmad Syaifuddin, SH juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak TNI-POLRI yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu menyediakan alat transportasi umum untuk membantu memulangkan para pengungsi.

“Berkat tindakan cepat dari Aparat TNI dan Polri, akhirnya para pengungsi bisa cepat bertemu dengan keluarganya dan tidak lagi trauma akibat kejadian di Donggala, Palu. Saya juga minta kepada para pengungsi untuk bersabar dan menjaga kesehatan selama perjalanan menuju rumah sanak saudaranya masing-masing,” tutupnya. (21k)

READ  Dinas Pendidikan Sampang Gelar Diklat Guru Pendamping Muda

Leave A Reply

Your email address will not be published.