Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Dispora Jatim Adakan Gerak Jalan Mojo-Suro Berhadiah Ratusan Juta

 

Penakhatulistiwa.com, Surabaya – Gerak Jalan Mojokerto Suroboyo (Mojo Suro) kembali digelar. Acara tahunan yang dihelat Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur dalam memperingati hari Pahlawan kali ini dengan tema ‘Gerak Jalan Perjuangan’ dengan memperebutkan hadiah total senilai Rp 118,5 juta.

Related Posts
1 of 511

Kepala Kadispora Provinsi Jatim Drs. Supratomo, M.Si menuturkan, ajang Gerak Jalan tersebut akan dimulai pada hari Sabtu 01 Desember 2018 dari Lapangan Surodinawan, Mojokerto. Dan Finish sampai di Tugu Pahlawan, Surabaya pada Minggu 02 Desember 2018.

“Masing-masing peserta menempuh jarak 56 kilometer, yang nantinya ada 2 pos peristirahatan di Krian, dan kemudian di Sepanjang. Jadi pos 1 dan pos 2 kita beri kesempatan ke peserta beristirahat selama 20 menit,” ujar Supratomo saat Konferensi Pers di Kantor Dispora Jatim Jalan Kayoon Surabaya, Senin (19/11/2018).

Supratomo menjelaskan, kegiatan spesial di tahun ini akan ada tambahan penilaian kepada regu atau perorangan dengan pakaian terunik. Lanjutnya para peserta bebas berkreasi asal temanya Hari Pahlawan. Model penilaiannya nanti tidak hanya melalui kategori kerapian seragam atau barisan saja. Ia menyebutkan banyak aspek yang akan dinilai oleh 400 juri.

“Penilaian nantinya akan dilakukan 400 juri dari Persatuan Gerak Jalan, Galtap, GJD 45. Penilaian dari ketepatan waktu untuk pria 6 km/jam, sementara untuk wanita 5km/jam, kerapian barisan, dan kerapian seragam. Kalau tahun lalu hanya kategori putra putri beregu, namun tahun ini kita menilai pakaian terunik,” jelasnya.

 

Selain itu, dikatakan, kami mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan Kepolisian Polda Jatim yang akan menugaskan Polrestabes Surabaya, maupun Polres Mojokerto dan Polresta Sidoarjo. Ada pula bantuan dari tim kesehatan, diantaranya beberapa dokter, perawat hingga ambulans yang akan selalu standby.

“Biasanya rawan kemacetan pada pos 1 dan 2, kita sudah evaluasi bersama Kepolisan Polda Jatim akan dilakukan rekayasa pengaturan lalu lintas agar peserta bisa nyaman, tahun ini tol sudah operasional, saya kira ini akan sangat membantu memberikan kenyamanan kepada peserta,” sebut Supratomo.

Sedangkan untuk pesertanya, kita menargetkan ada 10.000 peserta yang akan bergabung. Pihaknya tak membatasi berapapun peserta yang mendaftar. Pendaftaran ini akan dibuka pada tanggal 15 November dan ditutup pada tanggal 1 Desember.

“Untuk pendaftaran sudah kita buka secara online, di Gerak Jalan Pahlawan online, dan syarat-syarat kami kira sama seperti pada tahun yang lalu, dengan melampirkan foto kopi KTP, KSK, hingga surat keterangan sehat. Kami berharap peserta harus latihan terlebih dulu, agar supaya bisa mengikuti dari awal hingga akhir,” pungkasnya. (Hyt/Ov1/21K)

READ  Kebut Cetak e-KTP, Disdukcapil Kab Cirebon Tegaskan Anti Calo

Leave A Reply

Your email address will not be published.