Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Diduga Limbah B3 Klinik Qonaah Dibuang Sembarangan

Penakhatulistiwa.com – Limbah medis merupakan salah satu limbah yang tergolong berbahaya karena masuk dalam kategori sebagai limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) seperti kategori infeksius.

Sementara Pengolahan limbah medis yang seharus dikelola secara benar, agar tidak menimbulkan efek buruk bagi manusia maupun lingkungan justru berbeda yang terjadi di wilayah Kabupaten Sampang, Madura. Pasalnya dalam pengelolahan limbah yang sangat bahaya bagi dampak lingkungan justru hanya dibuang dan dibakar begitu saja di sekitar pemukiman warga.

Related Posts
1 of 523

Diketahui, pada Rabu Jam 19:00 WIB Lembagan Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan Gerakan Peduli Negeri (GPN), telah menggagalkan pembuangan limbah medis, yang rencana akan dibuang dan dibakar di Desa Pekalongan Kec. Sampang Kab. Sampang.

Sementara Ketua GPN Rolis sanjaya membenarkan bahwa didalam mobil Box dengan M 9894 NB terdapat limbah medis yang sangat bahaya bagi lingkungan jika dalam pengelolahan tidak dilakukan dengan cara yang benar.

“Saat itu kami berhasil menggagalkan dua oknum pegawai Klinik Qonaah, yang ingin membuang Limbah Medis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sembarangan dengan mengunakan mobil Box,” ungkapnya pada media ini.

Rolis menambahkan, awalnya dia telah curiga soal apa yang ada di dalam Mobil Box lantaran tercium bau yang kurang enak. Dan akhirnya mengkroscek apa isi dalam mobil box.

“Ketika box dibuka di dalam mobil terdapat beberapa kantong plastik yang terdapat sisa botol obat-obatan, bekas suntikan beserta jarum suntik, bekas kantong infus dan Perban yang terdapat sisa darah,” tutupnya. 20z

READ  Kapolres cirebon kota, sapa anak-anak dalam kegiatan silahturahmi warga lansia

Leave A Reply

Your email address will not be published.