Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Sebut Money Politik, Kepala Kesbangpol Kab Cirebon Terima 20 Aduan Pasca Pilwu

Penakhatulistiwa.com – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon menerima beragam macam 20 aduan pasca Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak pada Minggu 27 Oktober 2019 kemarin.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Cirebon Zaenal Abidin menilai bahwa hasil Pilwu serentak di Kabupaten Cirebon cukup kondusif dan aman.

Related Posts
1 of 518

Zaenal pun menambahkan, jika calon kuwu merasa tidak puas dengan hasil perhitungan suara Pilwu kemarin. Maka, calon kuwu berhak untuk mendapatkan suatu keadilan.

“Itu melalui timwas Kecamatan dan timwas Kabupaten,” ujar Zaenal di Kantor Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Kamis (31/10) siang.

Zaenal juga menjelaskan jika aduan masuk ke tingkat Kabupaten yang berkaitan dengan hasil perselisihan perhitungan suara maksimal 1%.

“Kalau diatas 1%, itu bukan ranah kita. Berarti kami diproses oleh tim kabupaten, hasilnya ada keputusan Bupati Cirebon,” kata Zaenal.

Menurutnya, pihaknya baru menerima sedikitnya 20 pengaduan pasca Pilwu ini. Namun, ia tak menampik dari jumlah tersebut belum terekap ulang.

“Kalau pengaduan semua ada dua puluh, tetapi belum terekap. Bahwa syaratnya mana, belum,” ucap Zaenal.

Zaenal pun menuturkan, beragam macam aduan yang masuk ke Kesbangpol seperti salah satunya money politik.

“Ada yang merasa kartu suaranya gak keluar, ada kartu DPTnya sobek duluan, bermacam-macam. Ada yang namanya money politik. Tetapi, ranahnya kabupaten yaitu validasi terkait perselisihan perhitungan suara,” tutur Zaenal kepada awak media ini.

READ  Terkait Isu Gratifikasi, La Nyalla: Kapolri Jangan Termakan Isu yang Belum Ada Bukti

Diakhir penjelasannya, Zainal tak bisa menjelaskan secara detail dari 20 pengaduan tersebut darimana berasal. “Belum-belum, tadi malam belum direkap,” tandasnya. Mu

Leave A Reply

Your email address will not be published.