Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

PT KAI Daop 3 Cirebon Kerahkan 225 Personil Keamanannya Selama Bulan Ramadhan 1443 H

Kota Cirebon : Dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan perjalanan KA di Bulan Ramadhan 1443 H, PT KAI Daop 3 Cirebon mengelar  Acara Apel Kesiapan di Halaman Parkir Stasiun Cirebon Kejaksan pada jumat (1/4/2022) Acara tersebut dihadiri oleh para petugas keamanan internal dari PT KAI Daop 3 Cirebon dan petugas Kepolisian dari Polres Cirebon Kota. Selama masa Bulan Ramadhan 1434 H ini, PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan 225 petugas keamanannya, terdiri dari 119 petugas Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) dan 106 petugas Security. Para petugas keamanan tersebut selanjutnya disebar di area stasiun, jalur rel mapun di dalam kereta api untuk menjamin rasa aman bagi para pengguna jasa layanan KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

“Guna meninjau kesiapan para personil keamanan PT KAI Daop 3 Cirebon dalam melaksanakan tugas untuk menjamin rasa aman bagi para penumpang KA, baik ketika berada di stasiun maupun ketika di dalam kereta api, PT KAI Daop 3 Cirebon mengelar apel upacara kesiapan pasukan keamananya di Halaman Parkir Stasiun Cirebon. Pada kesempatan ini, PT KAI Daop 3 Cirebon berkolaborasi bersama pihak Kepolisian dari Polres Cirebon Kota, berkomitment untuk selalu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi para pengguna jasa KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, “ Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Related Posts
1 of 178

Selain mengelar acara apel Kesiapan bersama unsur Kepolisian, PT KAI Daop 3 Cirebon juga telah berkaloborasi dengan pihak TNI dalam menjamin keamanan objek vital jalur rel KA jelang Bulan Ramadhan 1434H, melalui kegiatan pengecekan menggunakan Kendaraan Lori. Salah contoh kegiatan cek lintas dari Stasiun Cirebon hingga Stasiun Ciledug, bersama Dandim 0614 Cirebon Kota, Letkol Inf Andi Hasbullah, pada tanggal 24 Maret 2022 yang lalu.

READ  Pangdam III/Siliwangi Resmikan Penggunaan Makodim 0605/Subang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. Terhitung Per 1 April 2022, masyarakat telah bisa memesan  tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan pada tanggal 1 April s.d 16 Mei 2022 dan seterusnya.

Untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, PT KAI Daop 3 Cirebon akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. PT KAI Daop 3 Cirebon secara konsisten, akan terus mengingatkan pelanggan agar menerapkan protokol kesehatan, sehingga kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. KAI secara nasional telah menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April s.d 13 Mei 2022.

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengikuti perkembangan terkait persyaratan protokol kesehatan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini PT KAI Daop 3 Cirebon masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100% dan untuk KA Lokal yaitu 70%. Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

“Kami menghimbau kepada masyarakat ketika masuki Bulan Ramadhan, agar tidak melakukan kegiatan “Ngabuburit” di Jalur rel KA. Karena selain telah melanggar aturan yang tertuang dalam UU No:23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, perbuatan tersebut sangat membahayakan keselamatan masyarakat itu sendiri,” Tutup Suprapto di sela acara Apel Gelar Kesiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443H.

READ  Ultah SMPN 28 Surabaya, Kepsek: Siswa-Siswi Harus Selalu Berkarya dan Berprestasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.