Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Kolaborasi PT Pertamina EP Subang Field dan BPBD Kabupaten Subang Bentuk Masyarakat Tangguh Bencana

Subang, Penakhatulistiwa : Tingkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tangani bencana, Regional Jawa melalui PT Pertamina EP (PEP) Subang Field berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang selenggarakan Pelatihan dan Pembentukan Masyarakat Tangguh Bencana, pada Kamis (09/06).

Pelatihan ini diikuti oleh kader tanggap bencana, relawan-relawan penanggulangan bencana se-Kabupaten Subang sebagai bentuk penguatan kapasitas SDM dalam menghadapi risiko kebencanaan di wilayah Kabupaten Subang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, berbagai hal harus disiapkan untuk mengantisipasi bencana, mencakup peraturan, peralatan, dan yang terpenting SDM.

Related Posts
1 of 217

“Ilmu manajemen bencana seperti yang dijelaskan pada pelatihan tersebut, akan terus berguna karena wilayah Indonesia masuk ke dalam kawasan rawan bencana dimana Indonesia dilalui dua lempeng aktif dan masuk dalam zona ring of fire, ujarnya.



Memperkuat pemaparan dari Sekda, Kabupaten Subang sendiri memiliki topografi wilayah yang lengkap. Mulai dari dataran tinggi di sisi selatan dan kemudian semakin melandai ke arah utara hingga berbatasan dengan laut jawa.

Dengan bentang geografis seperti itu, berbagai potensi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir hingga abrasi laut harus selalu siap dihadapi oleh masyarakat Subang. Belum lagi dengan potensi bencana non-alam seperti pandemi dan kebakaran. Semua memerlukan persiapan pencegahan dan penanganan yang matang.


Hal itulah yang mendasari PEP Subang Field dalam menginisiasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) bidang penanggulangan bencana antara PEP Subang Field dan Pemerintah Kabupaten Subang yang diteken tahun 2020 silam.

”Terdapat beberapa langkah strategis yang dipetakan di PKS dalam menghadapi bencana, mencakup program pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga kegiatan pemulihan pasca bencana”, tutur Wazirul Luthfi selaku Head of Communication, Relation & CID Zona 7 Pertamina EP.

READ  Badut dan Super Hero, Strategi Koramil 0510/Binong Agar Anak 6-10 Tahun Antusias Divaksin


Didik Setyawan selaku Pjs Sr Manager PEP Subang Field mengatakan, Perusahaan berkomitmen untuk mendukung usaha penanggulangan bencana yang dijalankan oleh BPBD Kabupaten Subang.

“Selain mendukung kegiatan pelatihan, perusahaan turut membantu penyediaan perlengkapan berupa tenda komando dan veldbed untuk persiapan operasional BPBD Subang dalam menghadapi bencana”, tambahnya.



Dalam kesempatan tersebut, H. Asep Nuroni mengapresiasi PEP Subang Field sekaligus memberikan penghargaan atas keterlibatan aktif perusahaan dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Subang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.