Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

ASTRA Tol Cipali Operasikan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

KBRN, Majalengka : Sebagai bagian dari ASTRA Infra Grup, ASTRA Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo – Palimanan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan. Sebagai bentuk wujud peningkatan pelayanan pada bidang infrastruktur, pada Senin (20/12/2021) ASTRA Tol Cipali operasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Acara yang dihadiri Wakil Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Majalengka serta Direksi ASTRA Infra ini, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati terhubung langsung dengan 

Related Posts
1 of 151

Jalan Tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan akses pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya. Jalan Tol Akses BIJB Kertajati yang memiliki panjang jalan sekitar ± 3.7 km, dengan lebar lajur 3,6 meter, berjumlah 4 lajur untuk 2 arah ini merupakan penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Group CEO ASTRA Infra, Djap Tet Fa dalam sambutannya mengatakan, “Pembangunan 

Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan salah satu perwujudan komitmen ASTRA 

Infra untuk terus meningkatkan kontribusinya bagi kemajuan infrastruktur di Indonesia, meskipun di tengah pandemi Covid-19.” Dengan beroperasinya jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung Tol Cipali menuju BIJB Kertajati akan semakin mempermudah konektivitas yang tentunya akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah 

sekitar. Pembangunan Jalan Tol Akses Kertajati ini juga akan melengkapi 

READ  Kasad Rotasi Pimpinan Tiga Jabatan Kepala Dinas di Jajaran TNI AD

keberadaan BIJB Kertajati, yang merupakan kebanggaan Jawa Barat dan Majalengka pada khususnya “Kontribusi ASTRA Infra dalam pembangunan tol akses ini akan menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi ASTRA, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” lanjut Tet Fa. 

Proses pembangunan yang memakan waktu 12 bulan ini telah mengantongi izin 

pengoperasian tanggal 6 Desember 2021 melalui surat Keputusan Menteri 

Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 tentang 

Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) 

sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan beserta dengan Keputusan 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1515/KPTS/M/2021 tentang 

Penetapan Golongan Jenis Kendaraaan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Akses 

Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai bagian dari Jalan Tol 

Cikampek-Palimanan. “Dengan beroperasinya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati pada tanggal 20 Desember 

2021, maka Gerbang Tol Kertajati Utama dapat dilalui dengan tarif yang sama 

seperti gerbang Tol Kertajati. Pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati rampung 

pada bulan September yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan uji laik operasi 

pada bulan Oktober lalu dan telah memenuhi standar pelayanan minimal. Kami berharap peningkatan layanan yang diberikan ASTRA Tol Cipali dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat berkendara khususnya menunjang perekonomian di wilayah sekitar,” Jelas Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali.

Jalan tol ini sebagai jalan akses yang terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu,

menjadi bagian dari program Rebana Metropolitan dengan menghubungkan tiga 

pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat yakni Bandara Kertajati, 

Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu Majakuning. 

Tentunya ASTRA Tol Cipali tidak hanya fokus kepada infrastruktur jalan saja, namun juga beautifikasi wilayah pembangunan akses BIJB Kertajati.

READ  Tim Voli A2R Jawara Harhubnas Cup Ke 1 Se Wilayah III Cirebon

Sebagai bagian dari wilayah Jawa Barat, ASTRA Tol Cipali membangun icon atau 

landmark yang berada di interchange Jalan Tol Akses BIJB Kertajati. Icon Angklung

dan terasering menjadi ciri khas dan keindahan budaya Jawa Barat sehingga ASTRA Tol Cipali mengusung tema “Melodi Panarima”. “Melodi Panarima” yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan. Diharapkan tidak hanya menjadi melodi untuk menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan masyarakat khususnya pengguna jalan tol, namun juga sebagai bentuk beautifikasi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang memandangnya sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali menjadi salah satu experience positif bagi pengguna jalan.

Pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini telah selesai dilakukan oleh Project Management Consultant ASTRA Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan 

pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra. Dengan dukungan dan sinergi yang baik dari pemerintah maupun pihak yang terkait, pembangunan akses BIJB Kertajati ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.