Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Pangdam III/Slw: Dalami Intel Praktek Bukan Intel Teori

Bandung, Penakhatulistiwa.com – Kodam III/Slw menggelar penataran Mobile Training Team (MTT) pengetahuan dasar Intel Kodam III/Slw TA. 2022 bagi Bintara Intelijen yang bertugas di staf, satuan Intelijen dan Babinsa di lingkungan Kodam III/Slw.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., di Aula Mundinglaya Rindam III/Slw Jl. Manado No. 4 Kota Bandung Jabar, Senin (7/3/2022).

Related Posts
1 of 76

Kegiatan direncanakan berlangsung hingga 19 Maret 2022, bertujuan agar peserta memiliki kemampuan dalam mengumpulkan keterangan (Pulket) sehingga dapat memberikan bahan masukan kepada pimpinan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat mendampingi Pangdam III/Slw memberikan arahan kepada peserta MTT.

Lanjutnya menambahkan, selain itu untuk memberi dan memelihara pengetahuan serta keterampilan dasar Intelijen bagi peserta sehingga dapat melaksanakan pengumpulan keterangan secara optimal.

Kepada para peserta penataran Pangdam III/Slw mengungkapkan bahwa, sejak menjadi Pangdam III/Slw sudah berpikir bagaimana meninggkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dari Pangdam sampai ke bawah.

“Setelah kalian mampu, sanggup dan setelah kalian bisa, baru akan kita operasionalkan”, ujar Pangdam.

Pangdam III/Slw menambahkan setelah memperoleh keluwesan, kepleksibelan daya kemampuan antisipasi sampai dengan pemulihan, akan diadakan uji RO terhadap Intelijen.

“Dalami betul Intelijen, jangan Intelijen teori tetapi yang benar-benar Intelijen praktek yang harus dilakukan,” tegasnya.

READ  Ingin Fokus DPD RI, La Nyalla Pilih Tak Hadiri Ijtima Ulama

Di Akhir pengarahannya, Pangdam III/Slw menyampaikan bahwa Kodam III/Slw telah menyediakan server tersendiri yang mencukupi semua data Kodam III/Slw, sehingga kedepannya tidak lagi menggunakan server-server lain. Menurutnya membangun sistem termasuk di dalamnya membuat server lebih sulit daripada membuat bangunan, sehingga era Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo akan membangun Sisfo yang adaptif dengan perkembangan Iptek.

Turut hadir pada acara tersebut Danrindam lll/Slw, Asrendam lll/Slw, Asintel, Asops dan Aspers Kasdam III/Slw, Wadanrindam lll/Slw, Kabaglat Rindam lll/Slw, Kapendam lll/Slw, Dandim 0618/ Kota Bandung diwakili Danunit intel, Dandim 0624/Kabupaten Bandung, Dandim 0609 /Cimahi, Para Pabandya dan Pabanda Sinteldam lll/Slw, serta Para Gumil/Gadik Rindam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi).

Leave A Reply

Your email address will not be published.