Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

KNPI Bersama Bupati Ajak Semua Elemen Lestarikan Budaya

Cirebon, Penakhatulistiwa – Budaya adalah identitas suatu bangsa yang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan oleh seluruh elemen masyarakat, baik pemuda dan stakeholder, agar tak tergerus zaman.

Hal itu disampaikan oleh ketua KNPI Kabupaten Cirebon, Moh Aan Anwaruddin, saat dikonfirmasi seusai acara geguneman budaya bersama bupati dan budayawan Cirebon di Pendopo Bupati Cirebon beberapa waktu.

Related Posts
1 of 161

“Kami, DPD KNPI Kabupaten Cirebon sangat mendukung kegiatan kesenian dan kebudayaan. Dan makanya, malam hari ini, kami melalui bidang kebudayaan melakukan kegiatan ini bekerjasama dengan Yayasan YPPC bersama Bupati,” kata dia.

Menurutnya, adanya kegiatan bersama dengan budayawan dari Yayasan Palibaya Puwadhaksina Cirebon tersebut, sebagai bentuk dorongan kepada semua pelaku budaya untuk turut serta menggalakan kegiatan seni dan budaya.

“Dan dengan ini, kami hanya memfasilitasi semua budayawan untuk melakukan kegiatan seperti ini. Karena kebetulan, bupati sendiri sangat menyukai seni dan budaya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan seni dan budaya. Pihaknya bersama KNPI Kabupaten Cirebon dan budayawan dari Cirebon juga menyepakati akan fokus mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya Cirebon melalui kegiatan-kegiatan seni dan budaya.

“Karena sejak awal, Perkembangan Cirebon tidak bisa lepas dari kekayaan sdni dan budaya yang beragam,” kata dia.

Ditegaskannya, dengan akan digencarkannya kegiatan-kegiatan seni dan budaya bersama KNPI dan budayawan, pihaknya mengajak kepada semua generasi muda untuk turut serta melestarikannya.

“Kewajiban kita semua, generasi muda untuk tetap melestarikan seni dan budaya agar tetal lestari dan dikenal,” kata dia.

Berbicara soal seni dan budaya, kata dia, adalah berbicara soal batin dan pola pikir. Maka, seni dan budaya, harus bisa merubah pola pikir dan tingkah laku.

“Jangan hanya, budaya hanya sekadar budaya. Tapi tidak bisa merubah pola pikir dan tingkah laku kita,” kata dia.

Wakil Ketua Bidang Budaya dan Pariwisata DPD KNPI Cirebon, Wahyono Annajih, mengatakan bahwa, kegiatan seni dan budaya tersebut, bertujuan untuk terus melestarikan budaya yang ada di Cirebon. “Diskusi tersebut lebih spesifikasi akan membahas tentang produk budaya yang ada di Cirebon,” katanya.

Dan diharapkannya, kegiatan ini bisa menambah gairah kepada semua masyarakat untuk turut serta melestarikan budaya-budaya yang ada di Cirebon. (kim)

READ  Peduli Sosial, Alumni 94' SMPN 1 Suranenggala Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Leave A Reply

Your email address will not be published.