Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Dengan Tegas Jokowi Memberikan 4 Saran di Hadapan Pemimpin Negara Islam

Dilansir dari Detik, Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) berbicara pentingnya Organisasi Kerja Islam (OKI) untuk bersatu dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Di hadapan para pemimpin negara Islam, Jokowi menyampaikan empat saran dalam penyelesaikan masalah di Gaza.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menjadi pembicara dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11/2023).

Related Posts
1 of 706

Saran pertama yang disampaikan Jokiwo adalah mendesak agar Israel segera melakukan gencatan senjata.

“Tanpa gencatan senjata, situasi tak akan membaik. Israel telah gunakan narasi ‘self defense’ dan terus lakukan pembunuhan rakyat sipil. Ini tak lain sebuah collective punishment. Kita semua harus cari jalan agar Israel segera lakukan gencatan senjata,” kata Jokowi dalam keterangan yang dibagikan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi juga meminta bantuan kemanusiaan ke masyarakat Palestina di Gaza dipercepat penyalurannya. DIa meminta Israel untuk menghormati hukum international.

“Situasi kemanusiaan sangat memprihatinkan. Contoh, RS Indonesia di Gaza Utara terus menjadi sasaran serangan Israel, sejak kemarin sudah kehabisan bahan bakar. Indonesia meminta semua pihak untuk menghormati hukum humaniter internasional,” jelasnya.

Jokowi pun menyerukan agar OKI menggunakan semua lini untuk menuntut pertanggungjawaban Israel terhadap kekejaman kemanusiaan yang telah dilakukan. Dia mendesak diberikannya akses pada Independent International Commission of Inquiry on the Occupied Palestinian Territory yang dibentuk Dewan HAM PBB untuk melaksanakan mandatnya.

“Dan terus mendukung proses advisory opinion di Mahkamah Internasional,” imbuhnya.

Saran keempat Jokowi meminta OKI untuk mendesak agar perundingan damai segera dimulai. Jokowi mengatakan Indonesia sangat terbuka mengambil peran dalam perundingan tersebut.

“Jika memang mekanisme quartet sudah tidak dapat diandalkan, maka OKI harus mendorong proses negosiasi damai dengan format baru, dan Indonesia siap berkontribusi dalam negosiasi damai tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan segera bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Jokowi mengaku akan menyampaikan hasil KTT OKI kepada Biden untuk penyelesaian konflik di Gaza.

“Dari Riyadh saya sudah terjadwal melakukan kunjungan bilateral ke Amerika Serikat. Dengan izin para pemimpin, saya akan sampaikan hasil keputusan OKI hari ini kepada Presiden Biden,” pungkas Jokowi.

READ  Modus Investasi, Novita Dituntut Jaksa 2 Tahun Penjara

Leave A Reply

Your email address will not be published.