Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Tahun Baru Islam, MTs YPM 1 dan SMK YPM 11 Wonoayu Gelar Karnaval Unik

 

Penakhatulistiwa.com, Sidoarjo – Untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, MTs YPM 1 dan SMK YPM 11 Wonoayu Sidoarjo menggelar karnaval yang di ikuti oleh para guru dan pelajar, Selasa (11/9).

Related Posts
1 of 509

Sebagai tempat pendidikan yang bernuansa Islami, para pelajar maupun guru MTs YPM 1 dan SMK YPM 11 Wonoayu Sidoarjo mengenakan beragam kostum yang unik dan sangat kreatif sesuai dengan tema karnaval yang bertepatan memperingati tahun baru Islam tersebut. Melalui kegiatan ini, para siswa diajarkan menggunakan pakaian yang syar’i.

Sesuai kreatifitas para siswa dan guru masing- masing, mereka mengenakan beragam kostum unik yang telah dirangkai dengan memanfaatkan limbah sampah kering atau kertas yang di desain dengan beraneka ragam pakaian seperti, kostum TNI-POLRI, guru, petani dan beragam kostum lainnya.

Sebagai Kepala MTs YPM 1 Wonoayu, Suhardi mengatakan, kegiatan karnaval ini serentak diadakan di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas tentang tahun baru umat Muslim, yakni tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah.

“Tahun baru Islam ini tak sama dengan tahun baru umum. Di mana pada tahun baru hijriyah para siswa diajarkan untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan syariat Islam,” katanya pada wartawan.

Suhardi juga menegaskan, dalam kegiatan karnaval tahun baru Islam tersebut, akan memberikan hadiah terhadap para pelajar yang mempunyai kreatifitas dalam membuat kostum yang unik.

“Para siswa yang telah mengenakan kostum unik ini akan mendapatkan hadiah. Dengan hadiah dan beragam doorprize nantinya diharapkan para siswa semakin semangat belajar,” ucap Kepala Sekolah MTs YPM 1 Wonoayu, Suhardi.

Adapun Dorprize yang disediakan untuk para pelajar yang mempunyai keunikan dalam kegiatan karnaval seperti perabotan pecah belah, peralatan sekolah dan kemuncing. Meski terbilang sederhana sebagai Dorprize, tapi para pelajar dan guru yang ikut karnaval tersebut sangat antusias dalam mensukseskan peringatan tahun baru Islam ini. (21k)

READ  1 Januari 2021 Tiket Kereta Dapat Dibeli Langsung Di Daop 3 Cirebon

Leave A Reply

Your email address will not be published.