Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Gubenur Jatim Lepas Ribuan Peserta Gerak Jalan MojoSuro

Penakhatulistiwa.com, Surabaya – Peserta berjumlahkan ribuan mengikuti Gerak Jalan Mojokerto – Suroboyo (MojoSuro) yang dilepas oleh Gubernur Jatim, H. Soekarwo dengan start di lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Prajuritkulon, Mojokerto Kota, Jawa Timur, Indonesia, Sabtu (1/12/2018) Sore.

Related Posts
1 of 511

Dalam sambutannya, Pakde Karwo Gubenur Jatim menuturkan, kegiatan ini diadakan memperingati perjuangan pahlawan dalam pertempuran merebut kemerdekaan. “Pejuang tak mengenal lelah, meski mereka berjalan dari Jombang, Mojokerto, hingga keseluruh Wilayah Jawa Timur demi merebut kemerdekaan,” ujarnya.

Dikatakan, gerak jalan MojoSuro bukan hanya sekedar gerak jalan biasa, tapi  mengandung nilai perjuangan yang terjadi pada bulan November 1945, bahkan sebelumnya. “Semangat para pejuang merebutkan kemerdekaan yang telah dipertahankan,” kata Soekarwo Gubernur Jatim dua periode.

Pantauan di lapangan, para peserta gerak jalan MojoSuro menyusuri jalan yang dilalui mulai dari lapangan Raden Wijaya menuju ke Jalan Brawijaya, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Bhayangkara, hingga Jalan Gajah Mada, dan menuju ke Desa Mlirip (depan Ajinomoto By Pass depan Tjiwi Kimia), hingga Pasar Krian pada Pos 1, serta dilanjutkan ke Jala Trosobo, dan ke Jalan Kletek Sepanjang sejarah pada Pos 2 oleh panitia penyelenggara agar peserta beristirahat sejenak atau bisa melanjutkan perjalanan dan mengumpulkan kartu yang di koordinir oleh ketua peserta masing-masing.

 

Kemudian, peserta berlanjut menuju Jalan Karangpilang, Jalan Gunungsari, Terminal Joyoboyo Wonokromo, Depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jalan Diponegoro, Jalan Pasar Kembang, dan Jalan Kedung Doro, Jalan Blauran, Jalan Bubutan, Jalan Pahlawan Kebonrojo, hingga menuju Finish Tugu Pahlawan Surabaya dengan berbagai kostum unik. “Saya pribadi menyampaikan kalah atau menang bagi saya suatu hal yang patut disyukuri dan dibanggakan,” ujar Arif, Minggu (2/12), 00:27 Wib, dini hari.

Diketahui, Pegawai Dispora Jatim Yudi mengatakan, pemenang lomba gerak jalan tersebut akan diumumkan pada dua minggu ke depan dan silahkan bisa ditanyakan ke ketua panitia pelaksana. (Hyt/Ov1/21K)

READ  Diskusi Publik JCW Anti Korupsi 'Koruptor Kok Nyaleg'

Leave A Reply

Your email address will not be published.