Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Tank-tank Israel Potong Jalan Utama Pinggiran Kota Gaza Palestina

Dilansir dari Sindonews, Tank-tank Israel telah berada di pinggiran Kota Gaza dan memotong jalan utama dari utara ke selatan Jarul Gaza yang terkepung.

Sumber Palestina mengatakan kepada Al Jazeera pada Senin (30/10/2023) bahwa tank-tank Israel melakukan serangan menuju Jalan Salah Al-Din, di tengah-tengah wilayah Kota Gaza, jarak sekitar 3 km (1.8mil) dari pagar perbatasan Gaza.

Related Posts
1 of 706

Bentrokan hebat dilaporkan terjadi di daerah tersebut. “Mereka memotong jalan Salah al-Din dan menembaki kendaraan apa pun yang mencoba melewatinya,” ungkap seorang warga kepada kantor berita AFP.

Pada Senin, Salama Maarouf, kepala kantor pemerintahan Hamas di Gaza, mengatakan tank-tank Israel telah mundur dari pinggiran Kota Gaza.

“Sama sekali tidak ada kemajuan di lingkungan permukiman di Jalur Gaza. Apa yang terjadi di Jalan Salah al-Din adalah serbuan beberapa tank tentara pendudukan dan satu buldoser,” ujar pernyataan Maarouf.

“Kendaraan ini menargetkan dua mobil sipil di Jalan Salah al-Din dan melibas jalan tersebut sebelum perlawanan memaksa mereka mundur. Saat ini tidak ada kendaraan tentara pendudukan di Jalan Salah al-Din, dan pergerakan warga telah kembali normal di jalan tersebut,” papar dia.

Israel dalam beberapa kesempatan telah memperingatkan 1,1 juta orang yang tinggal di Gaza utara, termasuk Kota Gaza, untuk menuju ke selatan guna menghindari serangan militer seiring dengan misi mereka untuk “menghancurkan” Hamas, kelompok yang menguasai wilayah kantong Palestina yang terkepung.

Meskipun sejumlah besar orang telah meninggalkan wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir, puluhan ribu orang lainnya diyakini masih berada di zona perang tersebut.

READ  Pangdam III/Siliwangi Resmikan Penggunaan Makodim 0605/Subang

Leave A Reply

Your email address will not be published.