Pena Khatulistiwa
Menggores Sejarah Peradapan

Ribuan Warga Gaza Kelaparan Imbas Perang Israel-Hamas

Gaza – Dilanjir dari Sindonews, Kelaparan memburuk warga Palestina di jalur Gaza yang terkepung oleh Genosida Israel ke Palestina, Gaza. Hal tersebut diungkapkan dengan banyak bantuan PBB yang sulit masuk ke jalur Gaza.

Ratusan warga sipil lainnya terwas dalam serangan Israel di Gaza sejak AS pada hari jumat memveto resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan genjatan senjata.

Related Posts
1 of 5

Sebagian besar dari 2.3 juta penduduk Gaza telah diusir dari rumah mereka dan penduduk mengatakan tidak mungkin mendapatkan perlindungan atau makanan di wilayah pesisir yang padat penduduk.

Program Pangan Dunia PBB mengatakan setengah dari penduduk Gaza kelaparan.

“Kelaparan mengintai semua orang,” kata UNRWA, badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina, pada X.

Israel mengatakan intruksinya kepada masyarakatnya untuk pindah adalah salah satu langkah yang diambil untuk melindungi warga sipil ketika mereka mencoba membasmi militan hamas yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 dalam serangan lintas batas terhadap Israel.

Para pejabat PBB mengatakan 1,9 juta orang – sekitar 85% dari populasi gaza -mengungsi dan menggambarkan kondisi di wilayah selatan tempat mereka terkonsentrasi sangat buruk.

Untuk meningkatkan jumlah bantuan yang mencapai Gaza, Israel mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan menambahkan pemeriksaan pengiriman di perbatasan Kerem Shalom meskipun mereka tidak membuka penyeberangan itu sendiri.

Kebanyakan truk memasuki jalur di persimpangan sebelum perang. Dua sumber keamanan Mesir mengatakan inspeksi akan dimulai pada hari Selasa berdasarkan kesepakatan baru antara Israel, Mesir dan Amerika Serikat.

Setelah gagalnya gencatan senjata selama seminggu pada 1 Desember, Israel memulai serangan darat di selatan dan sejak itu terus bergerak dari timur hingga ke jantung kota Khan Younis. Pada hari Senin, para militan dan penduduk mengatakan para pejuang mencegah tank-tank Israel bergerak lebih jauh ke barat dan bentrok dengan pasukan Israel di Gaza utara, tempat Israel mengatakan sebagian besar misinya telah selesai.

Israel mengatakan puluhan pejuang Hamas telah menyerah dan mendesak pihak lain untuk bergabung dengan mereka. Warga melaporkan baku tembak di dekat jalan pantai dan media Hamas mengatakan para pejuang menggagalkan upaya pasukan angkatan laut Israel untuk melakukan pendaratan pasukan di lepas pantai.

Pemboman Israel berlanjut hingga malam hari pada hari Senin, kata warga dan pejabat kesehatan. Petugas medis mengatakan serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 15 orang dalam serangan terpisah di jalur Gaza tengah dan selatan.

READ  Sampah Berserakan di Jalan Syekh Datuk Kahfi Disoal Warga

Leave A Reply

Your email address will not be published.